Bagikan:

JAKARTA - Nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang sudah menjadi asupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Namun, nasi putih memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, yang bagi penderita diabetes bisa membuat gula darah melonjak.

Meski demikian, tak perlu khawatir karena kadar gula dalam nasi putih dapat dikurangi. Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk mengurangi kadar gula dalam nasi putih.

1. Rendam beras sebelum dimasak

Dilanir dari laman Indian Express, merendam beras selama beberapa jam sebelum dimasak membantu mengatasi indeks glikemik atau angka potensi peningkatan gula darah pada nasi.

Hal ini terjadi karena merendam beras bisa membantu mengaktifkan pemecahan enzimatik pada pati di beras, yang membuat karbohidrat kompleks menjadi gula yang lebih minimal.

2. Biarkan nasi mendingin sebelum dimakan

Makan nasi dingin dapat menurunkan gula darah secara signifikan dibanding makan nasi yang baru matang. Ini karena dalam nasi dingin mengandung pati resisten lebih tinggi dibanding nasi panas, yang membantu mengontrol glukosa sehingga kadar gula darah tetap stabil.

3. Padukan nasi putih dengan makanan bernutrisi lain

Saat mengonsumsi nasi putih sangat disarankan untuk dipadukan dengan bahan makanan bernutrisi lainnya. Mengutip Hindustian Times, ahli gizi Bhuvan Rastogi mengatakan konsumsi nasi putih dengan makanan yang kaya akan protein dan serat dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.