Bagikan:

JAKARTA - Maskapai asal Vietnam, Vietjet menjalin kolaborasi dengan Honeywell Aerospace Technologies yang berbasis di Amerika Serikat untuk menyediakan layanan penerbangan ramah lingkungan. 

Penerbangan ramah lingkungan ini berkaitan dengan teknis terkait avionik dan aviasi bagi armada pesawat hemat bahan bakar yang modern.

Dalam kolaborasinya itu, Vietjet memanfaatkan program perawatan avionik dan Auxiliary Power Unit (APU) dari Honeywell untuk pesawat A330neo berbadan lebar serta generasi baru pesawat berbadan sempit.

Kerja sama ini juga mencakup penggunaan solusi Honeywell Flight Efficiency, yang bertujuan untuk menurunkan emisi serta memantau efisiensi bahan bakar di seluruh armada pesawat Vietjet.

"Kami di Vietjet berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan dan beralih ke praktik ramah lingkungan dengan fokus pada pengurangan emisi dan memperluas jaringan penerbangan lintas benua. Teknologi canggih dari Honeywell akan berperan penting dalam meningkatkan layanan kami kepada penumpang," kata Chief Executive Officer Vietjet, Dinh Viet Phuong, seperti dikutip Antara.

Perwakilan Honeywell Aerospace Technologies, Joseph Vitulli, menyatakan, pihaknya terus mengembangkan dan mengimplementasikan berbagai solusi guna mengurangi jejak karbon.

Solusi tersebut memungkinkan maskapai penerbangan seperti Vietjet untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar dengan melakukan analisis kinerja pesawat dan berbagi praktik terbaik di seluruh operasionalnya.

"Kami sangat antusias memperluas jangkauan kerja sama dengan Vietjet melalui perjanjian ini. Kolaborasi yang telah berlangsung selama satu dekade ini akan terus mendukung Vietjet dalam mewujudkan tujuan jangka panjangnya dan memperbaiki pengalaman penumpang," ungkap Joseph.

Vietjet sendiri telah mendapat peringkat keselamatan 7/7 bintang dari AirlineRatings dan terus diakui sebagai salah satu maskapai berbiaya rendah paling aman di dunia sejak 2018. Dengan armada pesawat yang efisien dalam penggunaan bahan bakar serta tingkat keandalan teknis sebesar 99,6 persen, Vietjet terus memperkokoh posisinya di antara maskapai terbaik dunia.

Melalui kolaborasi dengan pemimpin industri penerbangan global seperti Honeywell, Vietjet berkomitmen untuk berinvestasi dalam teknologi terbaru di bidang aviasi.

Hal ini bertujuan untuk memastikan pengalaman terbang yang unggul bagi para penumpangnya, serta meningkatkan layanan penerbangan yang nyaman, berkualitas tinggi, aman, dan ramah lingkungan, sekaligus mendukung keberlanjutan sesuai dengan tujuan ESG (Environment, Social, Governance) yang telah ditetapkan.