Bagikan:

JAKARTA - Berbagai isu sosial saat ini terjadi di masyarakat Indonesia. Mulai dari kemiskinan, akses kesehatan dan pendidikan yang belum memadai, ketidakstabilan ekonomi, hingga isu lingkungan seperti krisis air, polusi udara, sampah, dan banjir.

Maraknya isu sosial ini memantik semangat dari kelompok inisiatif Bestari Festival dan Bank DBS Indonesia untuk menggelar acara “Road to DBS Foundation Bestari Festival: Impact Beyond”. Ini merupakan acara awal untuk menuju acara puncak yang akan digelar di Urban Forest Cipete pada 19 Oktober 2024.

Bestari Festival 2024 diadakan untuk menjadi wadah bagi individu untuk bertumbuh dan menemukan semangat untuk mulai bergerak memberikan dampak atas masalah sosial dan lingkungan sekitar.

“Hadir untuk kedua kalinya tahun ini, Bestari Festival kembali diadakan sebagai sebuah wadah yang nyaman bagi tiap-tiap individu untuk bertumbuh dan memberi dampak atas masalah-masalah yang ada di lingkungan sekitar,” kata Penggagas Bestari Festival, Firdza Radiany, di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis, 3 Oktober 2024.

Salah satu pembicara, yakni Okki Sutanto yang juga seorang penulis dan pengusaha mengatakan bahwa Bestari Festival 2024 berbeda dengan festival lainnya terkait isu lingkungan dan sosial.

Di festival ini proses berbagi dilakukan secara sederhana, sehingga para pemula yang ingin untuk menciptakan dampak sosial mudah untuk belajar dan mengerti.

“Bestari Festival vibesnya berbeda. Di sini bisa ngobrol dapat pengalaman yang relate banget dengan aku. Di sini menggunakan bahasa sehari-hari, sharing apa yang mereka alami, seperti mengalami polusi udara, mereka bikin pembicaraan soal polusi udara. Meskipun kita bukan expert, kita bisa memberikan dampak ke lingkungan atau Indonesia besarnya di sini,” ungkap Okki Sutanto.

Sementara itu, acara puncak DBS Foundation Bestari Festival: Impact Beyond akan mengundang deretan pembicara dan figur sebagai pengisi acara. Mulai dari perwakilan pemerintah, akademisi, praktisi keuangan, praktisi parenting, pelaku social enterprise, dan lainnya.