Bagikan:

YOGYAKARTA – Masyarakat yang hobi memelihara hewan tentu mengenal ikan aligator gar. Ikan tersebut dikenal sebagai salah satu predator air yang memangsa hewan lain yang hidup di perairan mulai dari ikan, kura-kura, mamalia air, dan sebagainya.

Ikan aligator gar saat ini bisa ditemukan di Indonesia. Namun keberadaannya cukup kontroversial. Berikut ini informasi tentang ikan agilagor gar.

Mengenal Ikan Aligator Gar

Dilansir dari situs resmi Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga, aligator gar adalah salah satu jenis ikan predator yang asalnya dari Amerika Utara. Saat ini ikan ini banyak dikirim ke berbagai negara sebagai bagian dari perdagangan akuarium.

Dilansir dari jurnal ZOO INDONESIA: Jurnal Fauna Tropika, ikan aligator gar memiliki tujuh spesies yakni sebagai berikut.

  1. Alligator Gar
  2. Longnose Gar
  3. Spotted Gar
  4. Shortnose Gar
  5. Florida Gar
  6. Tropical Gar
  7. Cuban Ga

Ikan aligator gar cukup mudah dikenali karena memiliki ciri-ciri yang cukup spesifik. Selain itu bentuknya juga cukup menakutkan bagi sebagian orang. Berikut ini beberapa ciri ikan aligator gar.

  • Bentuk moncongnya panjang seperti layaknya aligator pada umumnya
  • Susunan giginya tajam di rahang
  • Bentuk badannya bulat dan memanjang seperti bentuk torpedo
  • Sisiknya tebal berbentuk wajik yang tidak saling bertumpu
  • Ukuran maksimal dapat mencapai 3 meter lebih

Posisi Ikan Aligator Gar di Ekosistem Alami

Seperti dijelaskan sebelumnya, aligator gar berasal dari Amerika Utara. Ikan ini hidup di perairan air tawar bisa di sungai, danau, rawa-rawa, teluk, atau di ekosistem buatan. Namun biasanya ikan ini lebih betah di perairan lambat.

Salah satu yang menarik dari aligator gar adalah bahwa ikan ini mampu bertahan dengan kondisi oksigen yang rendah. Hal itu terjadi karena sistem pernafasan ikan yang memungkinkan ikan ini menengguk udara.

Di ekosistem alamnya, ikan ini memang cukup penting karena menjadi predator puncak yang menjaga populasi ikan tetap seimbang. Sayangnya, ikan ini berbahaya jika dilepasliarkan di ekosistem di luar habitat aslinya. Pasalnya aligator ini akan memangsa ikan-ikan endemik sehingga jumlahnya bisa terus berkurang bahkan punah.

Ancaman pengurangan ikan endemik disebabkan karena aligator gar sangat agresif meskipun ia hidup secara soliter atau tidak berkelompok. Cara ikan ini memburu juga menyerupai buaya, yakni dengan bersembunyi di antara tanaman air kemudian menyergap mangsa di sekitarnya.

Aturan Ikan Aligator Gar di Indonesia

Perlu diketahui bahwa ikan aligator gar jadi salah satu dari tujuh jenis ikan berbahaya. Oleh karenanya aligator gar dilarang masuk ke Indonesia. Ketentuan tersebut seperti yang diatur dalam SK Mentan 179/Kpts/Um/3/1982.

Selain itu pada 2 Juli 2018, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menegaskan larangan kepemilikan dan peredaran terhadap 152 spesies ikan berbahaya di perairan Indonesia. Salah satu dari spesies ikan yang dilarang adalah ikan aligator.

Meski sudah ada larangan resmi, sayangnya banyak oknum yang memasukkan ikan ini ke Indonesia bahkan melepasliarkannya. Kondisi tersebut dikhawatirkan akan membuat ikan asli Indonesia terus berkurang.

Selain mengenal ikan aligator gar, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.