Bagikan:

JAKARTA - Ada banyak jenis kondisi kulit autoimun seperti psoriasis dapat memengaruhi kenyamanan, penampilan, dan kepercayaan diri Anda. Namun, beberapa perubahan pada rutinitas skincare harian dapat mendukung kesehatan kulit pada tingkat sel, sehingga membantu mencegah atau meringankan tanda-tanda penuaan. Berikut ide perawatan kulit anti penuaan bagi penderita psoriasis yang VOI rangkum dari WebMD, Jumat, 27 September.

Gunakan produk lembut

Sangat menggoda menggunakan bahan-bahan dengan kandungan kuat yang dirancang untuk menghilangkan pori-pori, kerutan, dan noda hingga tidak terlihat lagi. Daripada memaksa kulit untuk patuh, perlakukanlah kulit dengan baik dan manjakanlah. Gunakan pembersih lembut dengan bahan-bahan minimal yang dirancang untuk membersihkan tanpa iritasi.

Rutinitas pembersihan yang lembut mempersiapkan kulit Anda untuk perawatan lain di kemudian hari dan menjaga lapisan pelindung alami kulit. Sangat penting bagi Anda yang menderita psoriasis merawat kulit dengan lembut.

Tambahkan toner yang menghidrasi

Kulit sensitif dan kering dapat memperoleh manfaat dari toner yang menghidrasi tepat setelah dibersihkan. Kulit pada wajah dan leher lebih tipis daripada bagian tubuh lainnya, jadi menambahkan kelembapan pada tahap ini akan semakin menjaga lapisan alami kulit. Hindari toner yang bersifat keras atau mengeringkan kulit karena dapat menyebabkan kulit mengelupas dan gatal.

Gunakan eksfoliasi

Eksfoliasi itu sulit, terutama jika Anda sudah memiliki bagian sensitif dari kondisi seperti psoriasis atau eksim. Daripada menggunakan eksfoliator, basahi dengan kelembapan dengan melapisi agen pelembap yang kuat seperti vitamin E dan bungkus dengan plastik selama beberapa jam.

Siku dan lutut sangat cocok untuk perawatan seperti ini karena keduanya mengalami banyak tekanan sepanjang hari. Biarkan minyak menempel selama beberapa jam tanpa pembungkus jika itu adalah wajah atau leher. Kemudian, hilangkan serpihan dan kulit berlebih dengan kain lembut, perhatikan dengan saksama setiap tekanan.

Kurangi stres

Sedikit stres itu normal karena dengan begitu, Anda dapat menyelesaikan berbagai hal setiap hari. Namun, jika Anda mengalami stres kronis, ini dapat memperburuk iritasi kulit dan tanda-tanda penuaan. Kulit Anda merupakan penerima stres langsung, yang berarti tekanan apa pun pada tubuh dan otak secara langsung memengaruhi kondisi kulit.

Jangan khawatir. Anda tidak perlu menghilangkan stres untuk merasakan sedikit kelegaan dari iritasi kulit dan memperbaiki tampilan permukaan kulit Anda. Namun, menyadari tingkat stres Anda dan meluangkan waktu untuk mengatasinya saat memungkinkan akan membantu.

Perbaiki pola makan

Fokuslah pada makan yang cukup untuk mendukung fungsi harian Anda, menjaga kadar gula darah tetap seimbang, dan menyediakan vitamin dan mineral yang diperlukan. Ini bisa sangat penting bagi Anda yang menderita psoriasis. Melakukan perubahan kecil, seperti makan dalam porsi kecil lebih sering, akan memberikan perbedaan besar. Coba konsumsi makan sehat dan bervariasi dengan banyak makanan yang menyehatkan kulit seperti asam lemak omega-3, vitamin A dan C, serta protein menyediakan bahan dasar untuk penampilan kulit yang lebih sehat secara keseluruhan.

Gunakan tabir surya

Efek oksidatif dari sinar matahari dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti bintik-bintik, kerutan, dan kulit kusam. Meskipun paparan sinar matahari dapat membantu mengurangi penumpukan plak dan pengelupasan kulit, terlalu banyak sinar matahari akan menghilangkan manfaatnya.

Tabir surya membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UVA dan UVB, mencegah oksidasi sel-sel kulit Anda. Tabir surya (dan menghindari sinar matahari yang terik secara umum) membantu menjaga kemampuan alami kulit Anda  memperbaiki dirinya sendiri dan membantu kulit tetap sehat.