Bagikan:

YOGYAKARTA - Hipnoterapi atau terapi hipnosis merupakan salah satu metode pengobatan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah psikologis. Hipnoterapi dilakukan dengan cara memasuki alam bawah sadar pasien atau klien untuk memberikan sugesti tertentu agar dapat membantu proses penyembuhan. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan hipnoterapi akan dibahas berikut ini.

Dilansir dari laman Kemenkes, hipnoterapi bekerja dengan menginduksi keadaan hipnotis yang ditandai dengan kesadaran terjaga yang memungkinkan orang menjadi lebih rileks dan tenang. Metode yang digunakan dalam hipnoterapi adalah metode relaksasi dengan memunculkan konsentrasi intens dan perhatian yang terfokus agar kesadaran menjadi lebih tinggi atau disebut dengan trance. Hal ini berguna untuk meningkatkan fokus sehingga dapat lebih mudah menerima sugesti.

Hipnotis dapat mengatasi berbagai macam keluhan atau gangguan, seperti beban bathin atau residu rasa berlebihan yang masih terpendam dan belum dapat dilepaskan.

Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Hipnoterapi

Hipnoterapi dapat membantu pasien atau klien mengubah sikap, persepsi, dan perilaku terhadap sesuatu. Metode ini seringkali dipakai untuk mengatasi kondisi-kondisi, seperti:

  • Insomnia atau gangguan tidur
  • Serangan panik (panic attack)
  • Kecemasan (anxiety attack)
  • Phobiaatau ketakutan
  • Trauma
  • Depresi
  • Asma
  • Obesitas
  • Kecanduan merokok
  • Kehamilan dan melahirkan (hypnobirthing)
  • Masalah seksual

Cara Kerja Hipnoterapi

Hipnoterapi dianggap menjadi bagian dari psikoterapi karena seorang hipnoterapis akan mengeksplorasi pikiran, perasaan, atau ingatan menyakitkan yang tersembunyi di dalam alam bawah sadar pasien atau klien. Pasien atau klien yang sedang menjalani sesi hipnoterapi akan dibuat rileks dan fokus sehingga pada kondisi ini pasien atau klien terdorong untuk menceritakan rasa-rasa yang terpendam dan terbelenggu di dalam bawah sadar seperti rasa sakit, rasa takut dan rasa-rasa berlebihan lainnya.

Ilustrasi. (Pixabay)

Hipnoterapis akan memastikan kesediaan pasien atau klien untuk mengikuti sesi hipoterapi dengan kesadaran sendiri karena hal ini dapat berpengaruh dalam proses hipnoterapi selanjutnya. Pasien atau klien yang mengikuti hipnoterapi dengan kesadaran sendiri akan lebih mudah masuk ke dalam keadaan trance dan akan lebih mudah menerima bimbingan dan arahan pada sesi pemberian sugesti,

Hipnoterapis akan memberikan sugesti tertentu kepada pasien atau klien dengan bertujuan untuk merubah perilaku, kebiasaan, hingga persepsi tertentu ketika menghadapi permasalahan yang mengganggu pasien atau klien, baik itu permasalahan berulang atau permasalahan baru. Pasien atau klien akan dibimbing dan diarahkan untuk menghadapi hal-hal yang menjadi gangguan atau ketidaknyamanan seperti hal-hal yang ditakutkan, disedihkan dan dikhawatirkan sehingga rasa-rasa tersebut dapat berkurang bahkan hilang.

Setelah sugesti masuk, hipnoterapis akan mengembalikan pasien atau klien ke alam sadar. Hipnoterapi dilakukan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang dialami masing-masing pasien atau klien, bisa sekali sesi atau membutuhkan beberapa kali sesi hipnoterapi.

Risiko Hipnoterapi

Hipnoterapi tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena bisa menimbulkan risiko antara lain:

  • Menciptakan ingatan palsu yang secara tidak sengaja tertanam saat sugesti diberikan.
  • Menyebabkan pusing, sakit kepala serta kecemasan.
  • Menyebabkan gejala bertambah parah.

Oleh karena itu, hipnoterapi tidak disarankan pada pasien atau klien dengan gejala tertentu seperti psikotik, halusinasi dan delusi, kecanduan alkohol atau narkoba.

Efektivitas hipnoterapi atau terapi hipnosis belum terbukti sepenuhnya dan tidak semua orang cocok melakukan hipnoterapi. Oleh karena itu, akan lebih baik untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan hipnoterapis sebelum memutuskan untuk menjalani hipnoterapi agar manfaat yang diperoleh lebih besar dibandingkan dengan risikonya.

Demikianlah ulasan tentang penyakit yang bisa disembuhkan dengan hipnoterapi. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.