Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam pertemanan yang sehat penting menetapkan batasan. Mungkin bisa jadi sangat sulit, karena sudah akrab. Namun kenapa tetap perlu batasan supaya hubungan pertemanan tetap sehat? Ini alasannya.

1. Batasan dapat mengubah pola

Terkadang tanpa sadar kita ingin mengubah cara berpikir seseorang. Atau paling sederhana, mengubah pola hubungan. Seminggu sekali bertemu atau menjadwalkan bersama waktu ngopi dan nongkrong, termasuk pola. Tetapi perlu dibatasi supaya hubungan tetap sehat. Contoh lainnya, apabila teman Anda sering meminjam uang dari Anda, tentu merupakan pola yang tidak sehat. Itu artinya, penting sekali menetapkan batasan supaya hubungan pertemanan tetap terjalin, saling hormat, dan menyenangkan.

alasan perlu batasan yang sehat dalam pertemanan
Ilustrasi alasan perlu batasan yang sehat dalam pertemanan (Freepik)

2. Batasan dapat mencegah kebencian

Salah satu tantangan dalam menetapkan batasan merasa akan menyakiti seseorang dalam hubungan tersebut. Namun dalam banyak kasus, tanpa batasan justru semakin banyak berhadapan dengan perasaan negatif. Seperti kecewa karena sudah terlalu bergantung, benci karena kebutuhannya diabaikan, atau marah karena ejekan tanpa batasan. Itu artinya, batasan dapat mencegah kebencian dan mendukung persahabatan lebih sehat tanpa perasaan negatif yang mendasarinya.

3. Batasan dapat meningkatkan perawatan diri

Self-care tidak hanya dengan memiliki waktu me-time. Tetapi saat menetapkan batasan yang sehat, meski dalam hubungan pertemanan yang akrab, juga termasuk perawatan diri. Misalnya, apabila Anda lelah sedangkan teman mengajak lebih lama jalan-jalan, tentu tidak akan menyenangkan. Itu artinya, tetapkanlah batasan Anda sesuai dengan aktivitas yang bisa Anda lakukan. Katakan “cukup” jika sudah lelah atau katakana “tidak” jika tidak sesuai dengan preferensi Anda.

4. Batasan meningkatkan kepercayaan diri

Menetapkan batasan, termasuk juga memahami dan menegaskan apa yang dibutuhkan. Ini dapat berfungsi sebagai cara menunjukkan kepada diri sendiri ada kebutuhan yang prioritas dan harus segera dipenuhi. Itu berarti, menetapkan batasan juga termasuk cara meningkatkan kepercayaan diri. Dengan tahu batasan diri, Anda bisa mengkomunikasikan kebutuhan.

5. Batasan membangun hubungan lebih baik

Menetapkan batasan dalam hubungan pertemanan, sebenarnya bersifat konstruktif. Melansir BetterHelp, Kamis, 12 September, ketika menetapkan batasan sehat dalam hubungan Anda dengan teman-teman Anda, maka akan saling menghormati, mendasari hubungan dengan empati, serta toleransi. Itu artinya, meski memiliki perspektif, argumen, bahkan profesi yang berbeda, Anda dan teman-teman Anda bisa saling memotivasi dan mendukung.

Itulah alasan pentingnya menetapkan batasan dalam hubungan pertemanan yang sehat. Apa saja jenis batasannya? Secara umum, batasan mengacu pada batasan material, batasan fisik, dan batasan seksual.