Bagikan:

JAKARTA - Kang Daniel memenangkan sidang perdana terkait gugatan pidana kepada YouTuber Sojang. Pihak agensi Kang Daniel menjelaskan mereka akan melanjutkan ke gugatan perdata yang berbeda dari gugatan pidana.

“Pada Juli 2022, Kang Daniel dan firma hukum Ryu melaporkan “Sojang” karena menyebarkan informasi palsu yang mencemarkan nama artis kami. Hari ini (11 September), kami memenangkan sidang perdana,” kata ARA selaku agensi Kang Daniel.

“Meski hasilnya sudah diduga tapi dua tahun menuju keputusan adalah hal yang dinantikan artis dan penggemarnya,” katanya.

Agensi menjelaskan, awalnya mereka melapor ke Kepolisian Seocho, namun investigasi dihentikan karena identitas pelakunya tidak diketahui. Mereka meminta pengajuan untuk melanjutkan pemeriksaan pada Juli 2023 hingga diterima oleh pihak jaksa Seoul.

“Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul kemudian mengajukan dakwaan ringkasan dengan denda sebesar 3 juta won. Namun, kami sangat meminta persidangan formal, membawa "Sojang" ke pengadilan dan akhirnya mengungkap identitasnya,” tegas agensi.

“Pengadilan menangani masalah ini dengan sangat serius, menjatuhkan hukuman denda sebesar 10 juta won, yang lebih dari tiga kali lipat dari rekomendasi jaksa penuntut,” kata mereka.

Mereka meyakini bahwa pelaku pencemaran nama baik harus mendapat ganjaran yang setimpal dengan kekuatan hukum sehingga mereka tidak melakukan hal seperti itu.

“Kami percaya bahwa pencemaran nama baik yang jahat dan pencarian keuntungan melalui tindakan semacam itu harus disikapi dengan pertanggungjawaban perdata dan pidana yang kuat karena hal itu meninggalkan luka abadi yang tidak mudah disembuhkan bahkan setelah semua prosedur peradilan selesai,” kata agensi.

“Kami akan melakukan yang terbaik untuk melindungi artis kami dan tidak memberi pengampunan terkait kasus hukum,” tutup ARA.

Sojang adalah akun YouTube yang membuat video berisi kabar palsu mengenai artis-artis Korea. Selain Kang Daniel, beberapa artis yang melaporkan Sojang ke pihak berwajib adalah Jang Wonyoung IVE, Suho EXO, dan aespa.