Bagikan:

YOGYAKARTA – Di Nusantara, terdapat berbagai suku dan daerah yang memiliki kuliner khas. Di Aceh, terkenal dengan makanan yang dibumbui daun iBak Teumeuruii atau dikenal dengan sebutan salam koja atau daun kari. Melansir laman Pemprov Aceh, biasanya tanaman ini sengaja ditanam di depan rumah orang Aceh. Daun tumbuhan ini, biasanya dipakai sebagai bumbu, khususnya kuah merah. Nah, untuk mengenal apa yang khas di Aceh selain kopi Gayo, cek daftar kuliner Aceh yang enak dan unik berikut ini.

1. Ayam Tangkap

Disebut ayam tangkap, karena potongan daging ayam “tersembunyi” di balik daun kari dan daun pandan yang telah digoreng. Ayam Tangkap ini, merupakan kuliner khas Aceh Besar. Namun banyak dijumpai di restoran atau rumah makan baik di Banda Aceh maupun beberapa kawasan di pulau Jawa.

daftar kuliner aceh yang enak dan unik
Ilustrasi daftar kuliner Aceh yang enak dan unik cara pengolahannya (Freepik/jcomp)

Satu porsi ayam tangkap, diolah dari satu ayam utuh yang dipotong-potong kecil. Kemudian dicampur dengan daun kari dan daun pandan, lalu digoreng bersama-sama.

2. Gulai Jruek Drien

Kuliner enak dan unik dari Aceh selanjutnya, disebut gulai jruek drien. Drien adalah durian yang difermentasi sehingga memunculkan rasa asam seperti jruek. Semakin asam hasil proses fermentasi, semakin lezat masakannya. Biasanya, isiannya memakai berbagai macam sayur-mayur hasil panen di pekarangan. Seperti kacang panjang, daun singkong, tapak leman, dan daun jeruk purut. Rasa gurih bercampur dengan asam segar, ditambahkan pula udang beserta rempah-rempah. Perlu diketahui, seperti gulai pada umumnya, jruek drien ini memakai santan.

3. Kari Kambing Aceh

Kari Kambing, dikenal juga dengan kuah beulangong karena dimasak menggunakan kuali atau beulangong. Kari dari Aceh Besar ini, memiliki kuah yang gurih dan pekat. Uniknya, karinya menggunakan kelapa gongseng atau disebut u teulhe.

daftar kuliner aceh yang enak dan unik
Ilustrasi daftar kuliner Aceh yang enak dan unik cara pengolahannya (Freepik/jcomp)

4. Sie Reuboh

Sie reuboh berbahan daging lamur atau otot yang dimasak dengan direbus. Dalam kuliner ini, rasa asam berpendar segar. Rasa ini berasal dari cuka, atau disebut sie reuboh. Bumbu yang dipakai, antara lain kunyit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, gula merah, dan bumbu rempah khusus lainnya.

Sie reuboh dimasak menggunakan tembikar. Melansir buku Aneka Kuliner Aceh diterbitkan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, alasan memakai tembikar supaya daging yang dimasak bisa matang secara menyeluruh. Kuali juga mengeluarkan sensasi rasa hasil masakan yang unik.

5. Mi Aceh

Tidak hanya populer di Aceh, bahkan di Yogyakarta, restoran yang menjual Mi Aceh dengan mudah dijumpai. Proses memasaknya terbilang unik, yaitu dimasak menggunakan arang. Alasannya supaya matang sempurna. Uniknya lagi, mi Aceh memakai isian udang, kepiting, daging, dan cumi-cumi. Cukup beragam bukan hasil teksturnya? Selain itu, rasanya juga lekat dengan rempah yang khas. Mi yang dipakai berbulir besar dan berwarna kuning dengan condiment acar mentimun dan bawang merah serta lombok lalapan berwarna hijau.

6. Sambai On Peugaga

Siapa yang mengira daun pegagan diolah menjadi urap yang segar? Kuliner Aceh yang disebut sambai on pegagan ini, memakai daun pegagan yang dicampur serai dan daun jeruk purut.

7. Kue Bhoi

Kalau Anda mencari teman kopi, kue bhoi bisa jadi salah satu alternatif camilan di Aceh. Kue bolu khas Aceh ini memiliki berbagai bentuk. Ada yang bentuk ikan, bunga, ataupun motif daun. Kue bhoi ini, seperti kue bolu biasa tetapi memakai telur bebek sebagai salah satu bahan adonan. Mengolahnya masih secara tradisional, yaitu menggunakan oven yang dipanaskan dengan arang bagian atas dan bawah.

Itulah sejumlah daftar kuliner Aceh yang enak dan unik dalam mengolahnya. Adakah dari makanan di atas sudah Anda icipi?