<i>Clean Eating Diet</i>, Mengonsumsi Makanan Alami dan Utuh untuk Menjaga Kesehatan Tubuh
Ilustrasi menu clean eating diet (Unsplash/Dan Gold)

Bagikan:

JAKARTA – Dari berbagai macam jenis diet, clean eating diet tergolong memiliki aturan yang fleksibel. Aturannya tidak ketat namun dibutuhkan pengetahuan mumpuni sebelum atau ketika tengah menjalani diet ini.

Clean eating diet adalah pola makan yang memilih makanan ‘bersih’ sebagai menu sehari-hari. Apa itu makanan ‘bersih’? Seperti arti katanya, diet yang mengutamakan kebersihan makanan tidak serta merta mencuci makanan sebelum menyantapnya.

Tetapi makanan yang dijadikan menu clean eating diet berbahan alami dan utuh. Yang dimaksud utuh adalah tidak mengalami proses pengolahan. Artinya, makanan mentah atau raw food dari sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, protein nabati, dan minyak sehat.

Berdasarkan keterangan ahli gizi Jacklyn London, meski clean eating diet tergolong populer tetapi masih banyak orang yang keliru dalam memahami pola makan pada diet ini. Usaha untuk mendekati aturan diet dengan mengonsumsi makanan clean food memang penuh tantangan.

Sebab banyak sekali brand yang mengeklaim produknya sebagai makanan clean, sehat, dan alami. Nah, apabila Anda tertarik untuk menjalani diet sehat yang tidak banyak aturan, berikut anjuran dalam memilih menu makanan diet clean eating.

Asal-usul makanan dipilih secara jelas

Sebuah brand makanan yang dapat dipercaya akan memberikan keterangan produknya secara lengkap dan transparan.

Keterangan tersebut akan memudahkan dalam memilah dan memilih bahan makanan untuk menu diet clean eating. Yang pasti, Anda perlu mengetahui asal-usul dan bagaimana makanan tersebut diproses.

Memahami kandungan setiap makanan

Tak sedikit klaim makanan yang menyehatkan hanya mengandung satu zat saja. Tetapi bagi yang menjalankan diet, nutrisi kompleks diperlukan untuk asupan sehari-hari. Maka untuk menjaga kebutuhan nutrisi tubuh tetap imbang, diperlukan pemahaman mengenai kandungan setiap makanan.

Konsumsi jenis makanan yang bervariasi

Karena tidak ada aturan ketat, hanya perlu mengidentifikasi mana makanan yang alami dan diproses seminimal mungkin, maka menjalani clean eating diet termasuk mudah. Nah, yang lebih menyenangkan lagi dari diet ini adalah semakin bervariasi makanan maka semakin merasa bahagia.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan di Harvard Health Publishing, Harvard Medical School menyatakan bahwa nutrisi asupan dalam clean eating diet berhubungan dengan suasana hati. Semakin clean diet maka semakin baik mood Anda. Bagaimana bisa makanan memengaruhi perasaan?

Serotonin sebagai salah satu hormon bahagia yang mampu mengatur tidur, suasana hati, dan menghambat rasa sakit sebanyak 95 persen diproduksi di saluran pencernaan. Karena temuan tersebut artinya jadi masuk akal jika makanan yang clean besar pengaruhnya pada emosi seseorang.