Inspiratif! Begini 5 Cara Meningkatkan Motivasi di Tempat Kerja
Ilustrasi motivasi di tempat kerja (Unsplash/Krakenimages)

Bagikan:

JAKARTA – Bekerja tanpa motivasi tak akan menyenangkan. Apalagi berdasarkan hitungan jam kerja kantoran maupun lapangan tidak kurang dari 8 jam dalam sehari.

Itu berarti motivasi adalah penggerak untuk mencapai tujuan, harapan yang jelas, dan mendorong manajemen yang tepat di tempat kerja. Dalam meraih ketiga hal tersebut, berikut cara mendapatkan dan menumbuhkan motivasi di tempat kerja.

Mengidentifikasi orientasi

Banyak pekerja bekerja dengan giat untuk memperoleh gaji tinggi. Namun tak sedikit pekerja yang memilih untuk giat bekerja karena itu adalah passion-nya. Artinya setiap karyawan memiliki motivasi yang berbeda-beda mengapa mereka bekerja.

Di lain sisi, kita semua bekerja karena ingin memperoleh sesuatu yang dibutuhkan dari pekerjaan. Dan hal tersebut besar pengaruhnya pada semangat dan motivasi seseorang dalam bekerja. Maka mengidentifikasi orientasi Anda diperlukan untuk merumuskan langkah ke depannya nanti.

Punya tujuan yang realistis

Ibarat sebuah rumah, setiap karyawan adalah spesifikasi dari bangunan. Itu berarti bahwa setiap karyawan perlu membangun tujuan masing-masing dalam bidang yang ia dikerjakan. Untuk mendapatkan motivasi kerja, seseorang membutuhkan tujuan yang realistis.

Memiliki harga diri tinggi

Dilansir dari The Balance Careers, Senin, 29 Maret, seseorang yang memiliki harga diri tinggi berani mengambil risiko dan berprestasi di tempat kerja. Bagi Anda yang membutuhkan motivasi, maka hargai setiap capaian dan terus memperbaiki prestasi.

Nathaniel Branden dalam bukunya The Psychology of Self-Esteem menuliskan bahwa harga diri memiliki dua komponen penting, yaitu yakin pada kemampuan diri untuk mengatasi tantangan hidup dan menghargai diri sehingga berhak merasa bahagia, meraih prestasi, dan rasa memiliki.

Ketika Anda memiliki keyakinan pada kemampuan pribadi, maka mampu berpikir dan bertindak efektif dalam menghadapi tantangan sesulit apapun.

Terima tantangan

Bekerja tanpa target seperti melakukan perjalanan tanpa tahu arah mata angin. Menerima tantangan dalam lingkungan kerja mampu membuat seseorang termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Jangan khawatir gagal, sebab kegagalan membuat seseorang jadi lebih jeli dan teliti.

Buat jadwal liburan

Liburan merupakan salah satu aktivitas yang membahagiakan dan me-refresh pikiran maupun perasaan. Jika Anda memiliki cara lain agar lebih bahagia dan segar kembali dalam memproduksi ide brilian, maka buatlah jadwal untuk melakukannya.