Bagikan:

JAKARTA - Darius Sinathrya dan Makayla Rose beradu peran dalam film terbaru Sumala. Film horor garapan Rizal Mantovani ini diadaptasi dari cerita urban legend yang sempat ramai di media sosial.

Darius berperan sebagai Soejiman, seorang saudagar kaya raya di era 1940-an. Ia menjadi ayah yang kejam dengan anak dan istrinya.

“Aku berperan sebagai Soejiman, punya istri Sulastri punya anak kembar Kumala dan Sumala. Karena kondisi Sumala tidak normal, Soejiman langsung membunuh saat itu juga,” kata Darius Sinathrya kepada VOI pada Jumat, 30 Agustus 2024.

“Menariknya, apa yang membuat dia setega dan sekeji itu ke bayi yang baru lahir. Karakter Soejiman yang keras di era itu patriarki sekali. Dia pewaris usaha keluarganya dituntut menjadi sosok yang kaku, otoriter, dan punya trauma yang membuat dia melakukan hal yang orang normal tidak pikirkan,” lanjutnya.

Darius menjelaskan bahwa ia dibebaskan eksplorasi untuk mengembangkan karakternya. Ia juga dituntut untuk tertantang memerankan seorang ayah yang kejam.

“Soejiman ini yang membuat ceritanya berjalan. Jadi aku bersama acting coach bisa menemukan apa saja sebab-sebab yang membuat akhirnya Soejiman jadi seperti itu, latar keluarga sosial, status, masalah yang dihadapi, dan faktor budaya juga,” katanya.

“Banyak sekali yang harus di-research, dikumpulkan, lalu jadi logika berpikirnya tokoh Soejiman. Sampai akhirnya lengkap dan semua alasan menjadi kuat serta jelas. Kalau berpikir sebagai Darius, ya, itu manusia macam apa,” ujar Darius lagi.

Ia juga menjelaskan tidak punya proses membangun chemistry dengan Makayla yang berperan Sumala dan Kumala. Melalui film Sumala, ia memandang karakternya sangat berbeda dan tertantang untuk mendalami peran itu.

“Enggak ada bonding karena hubungannya engak normal. Jadi, kalau bisa benci-sebencinya walau dilihat dia masih ada rasa cinta ke istri dan anak, tapi ditutupi,” tutur Darius.

“Di hatinya dibekuin dan lebih memilih berpikir harga diri dan masa depan keluarga. Terutama sama Sulastri,” tutupnya.

Film Sumala mengisahkan pasangan Soejiman (Darius Sinathrya) dan Sulastri (Luna Maya) yang tidak kunjung memiliki anak. Demi meneruskan keturunan, Sulastri melakukan sebuah cara hingga ia menyambut kelahiran anak kembar diberi nama Kumala dan Sumala (Makayla Rose).

Ternyata Sumala diduga mengandung jiwa iblis sehingga Soejiman membunuhnya tepat setelah lahir. Namun, kejadian itu membuat Sumala mengirim balas dendam kepada keluarganya. Film Sumala akan tayang di bioskop mulai 26 September 2024.