Bagikan:

JAKARTA - Meditasi adalah istilah umum untuk berbagai teknik fokus mental yang dapat membantu menyatukan tubuh dan pikiran. Meditasi melibatkan aspek konsentrasi, relaksasi, perhatian penuh, dan kenetralan emosional. Bagi banyak orang, meditasi juga merupakan pengalaman spiritual.

Meditasi secara umum dipandang sebagai cara aman meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Dan dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan fisik dan mental. Jika Anda ingin menambahkan meditasi ke dalam rutinitas, tidak ada waktu yang "buruk" untuk melakukannya, tetapi manfaat meditasi di pagi hari mungkin menarik. Apa saja itu?

Memulai hari dengan baik

Meski manfaat meditasi tidak bergantung waktu, tetapi ada beberapa alasan mengapa praktisi sering merekomendasikan meditasi di pagi hari. Aine Rock, instruktur meditasi bersertifikat dan pakar kesehatan integratif dari Los Angeles, California, menjelaskan bahwa meditasi di pagi hari menentukan suasana hati untuk hari berikutnya.

“Meditasi pagi hari memberikan dasar ketenangan dan keseimbangan untuk hari berikutnya,” katanya. 

“Meditasi membantu memusatkan pikiran, mengelola stres, dan meningkatkan kesejahteraan emosional secara keseluruhan,” terang Rock dikutip Healthline, Kamis, 15 Agustus.

Mengelola hari-hari yang sangat menegangkan

Meditasi pagi hari dapat membantu Anda mengelola perasaan khawatir, antisipasi, dan kecemasan pada hari-hari yang sangat menegangkan. Mathews menunjukkan ada pepatah meditasi, yang sering dikaitkan dengan Gandhi. Bahwa pada hari-hari ketika dia benar-benar sibuk, dia bermeditasi selama 2 jam di pagi hari, bukan 1 jam.

Kedamaian dan ketenangan di pagi hari

Meditasi di pagi hari dapat menjadi awal hari Anda. Menurut Caroline Schmidt, seorang pekerja sosial klinis berlisensi dari St. Louis, Missouri, pagi hari cenderung memiliki rasa damai yang alami sebelum hiruk pikuk hari. Pikiran secara alami tenang karena istirahat, dan dunia di sekitar terasa tenang karena semuanya masih tertidur.

“Pagi hari memberi kesempatan untuk memiliki waktu sendiri, sementara orang lain terus tidur,” katanya. “Waktu ini bisa untuk Anda sendiri. Dan itu adalah sesuatu yang cukup langka untuk dialami, di dunia yang semakin terhubung oleh teknologi.”

Kesempatan mudah untuk berlatih meditasi

Salah satu hal hebat tentang meditasi adalah Anda tidak perlu menyisihkan waktu lama melakukannya, terutama saat Anda baru memulai. Schmidt menambahkan bahwa pagi hari juga merupakan waktu tepat mengeksplorasi meditasi di lingkungan tempat Anda tinggal.

"Saat Anda baru bangun tidur dan masih berbaring di tempat tidur, Anda dapat memanfaatkan kesempatan untuk terhubung dengan diri sendiri meskipun hanya 5 menit. Anda dapat dengan penuh perhatian merasakan dan mengeksplorasi bagaimana tubuh Anda terasa di balik selimut," katanya.