Bagikan:

JAKARTA - Gelombang panas ekstrem menyebabkan stres pada hampir setiap jenis tanaman di kebun. Mulai dari bunga dan sayuran hingga semak dan pohon. Namun, yang paling berdampak yakni tetapi tanaman yang ditanam dalam pot.

Selama periode suhu tinggi, Anda harus memantau kondisi, menyiram tanaman yang sudah tumbuh dengan baik setidaknya dua kali seminggu. Sedangkan tanaman dalam pot perlu disiram dua kali sehari.

Pelajari cara menyiram tanaman dengan benar selama gelombang panas dan tips melindungi tanaman dari kerusakan akibat panas.

Menyiram Tanaman di Pagi Hari

Menyiram tanaman di pagi hari membantu memastikan tanaman terhidrasi sepenuhnya selama cuaca terik di siang hari. Hal ini juga memungkinkan dedaunan yang basah mengering dengan cepat untuk membantu mencegah penyakit.

Pasang Mulsa untuk Retensi Kelembapan

Mulsa adalah material penutup tanaman yang digunakan untuk menjaga kelembapan tanah. Pada awal musim tanam, tambahkan mulsa di sekitar tanaman di kebun dan pot untuk membantu menjaga kelembapan tanah dan mengurangi frekuensi penyiraman.

Singkirkan Gulma

Gulma bersaing dengan tanaman untuk mendapatkan air. Jadi singkirkan gulma di hamparan bunga dan kebun sayur Anda jika ingin tanaman tetap tumbuh sehat. Sering-seringlah cek kemunculan gulma di sekitar tanaman.

Lakukan Pemangkasan yang Tepat

Karena banyak tanaman akan berhenti berbunga saat cuaca sangat panas, buang bunga yang layu agar tanaman tidak menghabiskan energi untuk pengembangan benih. Pemangkasan membantu mempersiapkan tanaman untuk berbunga lagi setelah gelombang panas berlalu.

Periksa Pot Secara Teratur

Tanah dalam wadah mengering lebih cepat daripada tanah di tanah, jadi periksalah kelembapan wadah beberapa kali sehari. Tetapkan jadwal yang konsisten agar tidak mengering. Pot terakota atau tanah liat yang berpori dan tidak dilapisi glasir akan mengering lebih cepat daripada wadah plastik atau yang dilapisi glasir.

Perhatikan Area yang Baru Ditanami

Tanaman tahunan, pohon, dan semak yang baru ditanam belum memiliki akar yang dalam. Periksa tanaman yang baru ditanam secara berkala dan siram tanaman secara menyeluruh di sekitar bola akar dan sekitarnya untuk mendorong pertumbuhan akar.

Penanaman, pemindahan, dan perbanyakan tanaman dapat membuat tanaman stres kapan saja sepanjang tahun, tetapi lebih parah lagi saat cuaca sangat panas. Tunggu hingga gelombang panas mereda untuk menanam atau memperbanyak tanaman.

Jangan Beri Pupuk

Kiat ini memang berbanding terbalik dengan logika, namun perlu dilakukan. Hindari memberi pupuk pada tanaman saat cuaca sangat panas karena pertumbuhan yang terstimulasi akan menambah stres pada tanaman.

Kebanyakan tanaman akan mulai layu saat membutuhkan air, tetapi untuk lebih pasti Anda bisa mengecek tanahnya. Gunakan sekop kebun untuk menggali. Jika tanah kering sedalam dua inci, artinya tanaman membutuhkan air.