Usai Diprotes soal Munculnya Makanan China, <i>Rating</i> Drakor <i>Joseon Exorcist</i> Turun Drastis
Joseon Exorcist (Twitter @SBSNOW)

Bagikan:

JAKARTA - Sehari setelah kontroversi terkait properti dan makanan China, drama Korea Joseon Exorcist mengalami penurunan rating yang cukup drastis.

Menurut Nielsen Korea, episode terbaru Joseon Exorcist mendapat rating 4,5 dan 6,9 persen. Padahal sebelumnya, mereka memulai dengan rating 5,7 dan 8,9 persen, angka yang cukup memuaskan untuk perilisan perdana.

Sebelumnya, warganet melakukan protes setelah episode pertama menampilkan sejumlah properti dan makanan dari China. Mereka menganggap, hal tersebut menyalahi sejarah Korea.

Beberapa jam kemudian, SBS angkat suara dan menjelaskan kalau properti dan makanan dipakai karena mereka menyesuaikan cerita di mana perbatasan China dekat dengan Dinasti Ming sehingga banyak orang China yang melewati jalan di perbatasan.

“Ini hanya setup untuk menjelaskan lokasi karakter yang berada di area jauh dari Hanyang (Seoul) dalam cerita dan tidak ada intensi spesial di balik semua ini.”

Tidak hanya itu, warganet juga memulai petisi untuk meminta penayangan Joseon Exorcist dihentikan. Pihak pengiklan juga menarik slot PPL dari drama tersebut. Mereka khawatir penonton internasional salah paham dengan sejarah yang disajikan drama ini.

Drama Korea Joseon Exorcist tayang setiap Senin dan Selasa pukul 22.00 waktu Korea Selatan di SBS dan WeTV.