Bagikan:

YOGYAKARTA – Maskara sebagai riasan mata, harus diaplikasikan secara tepat. Karena fitur maskara tidak hanya satu jenis, maka perlu dikenali apa manfaat yang ditawarkan dan kapan waktu yang tepat menggunakannya. Misalnya, meskipun bulu mata sudah panjang, tetap membutuhkan fitur maskara yang membuatnya melengkung dramatis serta mendukung penampilan Anda. Untuk itu, kenali jenis maskara serta waktu tepat menggunakannya.

1. Maskara yang memberikan volume

Jika Anda membutuhkan bulu mata yang bervolume dan tebal, maka jenis maskara ini bisa jadi pilihan. Menurut penata rias profesional Courtney Jarrel dilansir Byrdie, Senin, 29 Juli, maskara yang memberikan volume adalah pilihan bagus untuk orang dengan bulu mata yang lebih tipis atau jarang.

jenis maskara dan kapan waktu tepat menggunakannya
Ilustrasi jenis maskara dan kapan waktu tepat menggunakannya (Freepik)

Biasanya, formula maskara yang memberikan volume memiliki warna lebih tebal dan kuasnya memiliki banyak bulu. Maskara yang memberi volume, mengisi celah untuk mendapatkan penampilan penuh, lebih mengembang, dan glamor. Namun saat memakai maskara yang memberikan volume, tidak perlu diaplikasikan terlalu tebal sebab dapat menggumpal dengan cepat.

2. Maskara yang memanjangkan bulu mata

Waktu yang tepat menggunakan jenis maskara yang memanjangkan bulu mata, saat ingin mengesankan penampilan yang clean. Konsistensi jenis maskara ini, lebih ringan daripada maskara penambah volume. Terkadang dalam beberapa produk, maskara yang memanjangkan bulu mata mengandung serat atau polimer guna memaksimalkan panjangnya. Aplikator maskara jenis ini, biasanya bulunya lebih sedikit sehingga menciptakan tampilan lebih lembut dan terbentuk.

3. Maskara yang waterproof atau tahan air

Menurut Jarrel, maskara waterproof sebenarnya terlalu keras dan sulit dihapus. Namun maskara jenis ini memiliki daya rekat terbaik terutama untuk seseorang dengan bulu mata lurus yang membandel. Terkadang maskara yang tahan air perlu dilapisi maskara biasa untuk menyegel bulu mata dan menahan ikalnya. Nah, maskara ini menurut penata rias Nydia Figueroe, maskara waterproof ideal dipakai orang yang memiliki kelopak mata berminyak.

jenis maskara dan kapan waktu menggunakannya
Ilustrasi jenis maskara dan kapan waktu tepat menggunakannya (Freepik/jcomp)

4. Maskara tabung

Maskara tabung disukai karena menciptakan ilusi lebih panjang dan bervolume dengan harga yang tidak mahal. Maskara tabung memiliki polumer yang dapat dibentuk untuk membungkus atau melapisi setiap helai bulu mata. Saran Figueroa, jangan mencampurkan jenis maskara tabung dengan maskara jenis lainnya.

5. Maskara fiber

Maskara fiber mirip dengan maskara tabung. Serat-serat kecil atau fibernya untuk menebalkan bulu mata, menambah panjang dan bervolume. Beberapa merek bahkan memiliki sistem dua manfaat. Namun jangan mengoleskan maskara ini terlalu banyak karena akan menciptakan efek menggumpal pada bulu mata.

6. Maskara bening

Maskara bening tidak memberikan hasil yang sama dengan jenis maskara lainnya. Tetapi memiliki manfaat yang bisa diserap untuk menciptakan tampilan bersih dan alami. Maskara ini dapat digunakan untuk mempertegas bulu mata tanpa menambahkan bulu. Maskara ini juga bagus sebagai gel alis supaya mudah diatur. Kalau Anda suka dengan tampilan no-makeup-makeup, jenis masker bening bisa diandalkan.

7. Maskara bulu mata bawah

Saran Jarrel, maskara untuk bulu mata bawah sebenarnya bisa memakai semua jenis maskara yang disebutkan di atas, Tetapi paling tepat memakai maskara tabung untuk merias bulu mata bawah. Figueroa juga menambahkan bahwa maskara yang memanjangkan bulu mata dan maskara anti air sangat cocok untuk bagian ini.

Itulah jenis maskara serta manfaat dan kapan waktu memakainya. Mana jenis maskara yang sering Anda pakai? Penting dilakukan, setelah beraktivitas dan merias mata memakai maskara, bersihkan secara tuntas supaya tidak memicu iritasi, inflamasi, atau bulu mata rontok.