Bagikan:

YOGYAKARTA – Gaya bulu mata tergantung pada bagaimana mengaplikasikan makeup. Termasuk mengaplikasikan riasan mata, salah satunya maskara. Celakanya, maskara tidak selalu berkualitas prima saat betul-betul dibutuhkan untuk penampilan terbaik. Ketika maskara menggumpal, tentu saja bisa menggagalkan penampilan pemakainya. Tetapi tenang, sejumlah makeup artis memberikan tips untuk memperbaiki maskara menggumpal. Ikuti langkah-langkahnya berikut.

1. Pahami teknik mengaplikasikan maskara secara tepat

Mengaplikasikan maskara tidak hanya sekedar menyepuh bulu mata. Ada cara tepat dalam mengaplikasikannya. Menurut penata rias dan pendiri Glamsquad, Kelli J. Barlett dilansir Byrdie, Senin, 3 Juni, maskara harus diaplikasikan mulai dari pangkal bulu mata, bukan memakaikan hanya pada ujungnya saja.

Kalau Anda mengaplikasikan maskara secara tepat, bagian yang menggumpal tidak akan lengket pada bulu mata. Caranya, pakaikan bagian aplikator maskara pada akar bulu mata. Pastikan sikat aplikator memisahkan bulu mata. Lalu gulung ke arah ujung bulu mata untuk menangkap setiap bulu mata. Saat mengaplikasikan, gerakkan maju-mundur sambil menarik aplikator dengan gerakan ke atas. Yang perlu dicatat, pastikan melakukannya dengan lembut karena jika tidak, maskara akan menggumpal. Terutama jika bulu mata Anda lebih pendek dan jarang.

maskara menggumpal bisa diperbaiki menurut makeup artist
Ilustrasi maskara menggumpal bisa diperbaiki menurut makeup artist (Freepik/Azerbaijan_stockers)

2. Ketahui batas pakai produk maskara

Setelah segel produk maskara dibuka, rias mata ini hanya akan bertahan beberapa bulan saja. Setidaknya, selalu rutin periksa produk maskara Anda. Saran Amanda Rodriguez, mantan manajer WLDKAT dan Urban Decay, masa simpan maskara sejak Anda membuka segelnya, paling enggak selama tiga bulan. Tetapi pastikan kualitas setiap produk yang Anda punya.

3. Lakukan pembersihan ganda

Maskara menggumpal saat diaplikasikan, bisa karena sisa maskara kemarin masih menempel pada bulu mata. Jadi, sebelum mengaplikasikan maskara, pastikan bulu mata sudah bersih. Jika tidak yakin, lakukan pembersihan ganda.

4. Siapkan dengan memakai primer

Primer bulu mata yang bagus akan melebarkan bulu mata Anda tanpa menimbulkan gumpalan dan biasanya mempersiapkan bulu mata untuk pengaplikasian maskara yang merata. Jadi ada baiknya berinvestasi pada produk primer bulu mata yang dilengkapi serum. Ini akan berguna meningkatkan ketebalan, kelenturan bulu mata, dan meminimalisir maskara menebal saat diaplikasikan pada bulu mata.

maskara menggumpal bisa diperbaiki menurut makeup artist
Ilustrasi maskara menggumpal bisa diperbaiki menurut makeup artist (Freepik)

5. Jangan mengaplikasikan maskara terlalu tebal

Karena merasa kurang tebal atau tak ada perubahan saat memoles sekali atau dua, bisa jadi mendorong Anda mengaplikasikan maskara lebih dari dua kali. Ini tidak akan membuat penampilan Anda lebih sempurna lho. Menurut Rodriguez, batas memakai maskara cukup dua lapis saja. Ingat, Anda bisa mengikis olesan sebelumnya. Itu artinya tidak efektif mengaplikasikan berkali-kali maskara.

Saran Rodriguez jika harus mengaplikasikan lebih dari dua kali, untuk menghindari maskara menggumpal pada bulu mata, hilangkan sisa produk yang telah diaplikasikan sebelumnya dengan aplikator atau spoolie tanpa cairan maskara. Kemudian oleskan lagi untuk memperbaiki dan menjaga bulu mata tetal panjang, terpisah, dan bold.

6. Pertimbangkan waktu kering

Kesabaran adalah prinsip kesempurnaan. Jika Anda mengaplikasikan dua lapis maskara, sebaiknya biarkan setiap lapisan mengering sebelum menambahkannya. Hal yang sama berlaku untuk bulu mata atas dan bawah. Tunggu beberapa detik hingga bulu mata bagian atas mengering sebelum melapisi bulu mata bagian bawah, hal ini akan mencegah bulu mata menggumpal dan menimbulkan rasa berat dan lengket.

7. Pilih produk dengan aplikator yang tepat

Sebagai aturan umum, Rodriguez mengatakan untuk memilih maskara dengan tongkat plastik yang dibentuk. Aplikator maskara dengan brush plastik akan dengan mudah menembus bulu mata Anda seperti sisir mini yang lembut dan halus.

Lebih teknisnya, jenis bulu mata perlu memakai aplikator maskara dengan fungsi berbeda-beda. Misalnya, sikat maskara bergigi rapat dapat menonjolkan panjangnya dan meminimalkan penggumpalan. Gigi sisir kecil mengurai bulu mata yang pendek dan keriting, mencengkeram dan sebagainya bahkan memakan rambut terkecil sekalipun, kata Bartlett. Sementara itu, sikat berbentuk jam pasir dengan bulu lebat sangat bagus untuk menambah volume dan panjang tanpa menggumpal, karena bentuknya memungkinkan produk didistribusikan secara merata dari akar hingga ujung.

Selain tips di atas, mengatasi maskara menggumpal bisa dengan memperhatikan cara mengambil cairan maskara dalam tube. Sebelum dipakaikan, putar aplikator dalam tube, jangan memompanya. Memompa udara ke dalam tabung, membuat cairan maskara jadi semakin kental dan memperpendek umur simpannya. Selain itu, juga memasukkan bakteri ke dalam tabung sehingga menyebabkan iritasi, infeksi, atau bintit di kemudian hari.