Bagikan:

YOGYAKARTA – Indra penciuman dan penglihatan kucing sangat tajam. Tetapi indra perasa dalam merasakan makanan, cukup terbatas. Kalau manusia bisa merasakan berbagai rasa, dari manis, asin, asam, hingga pahit. Kucing ternyata tidak sekompleks indra perasa manusia. Itu artinya, memilih makanan kucing perlu disesuaikan dengan indranya.

Kucing ternyata tidak mempunyai kemampuan merasakan rasa manis. Namun mempunyai deteksi yang tajam untuk rasa pahit. Melansir The Spruce Pets, Rabu, 24 Juli, alasannya karena evolusi. Jadi kalau Anda memelihara kucing di rumah dan menganggap mereka terlalu picky eater, bukan karena mereka pemilih tetapi disebabkan bawaan biologis indra perasanya.

indra perasa kucing
Ilustrasi indra perasa kucing tidak bisa merasakan makanan manis (Freepik)

Kucing disebut sebagai hewan karnivora obligat. Artinya mereka harus memakan produk hewani untuk bertahan hidup. Selera mereka mungkin telah berevolusi. Tetapi penting dipahami, kucing tidak membutuhkan karbohidrat dalam makanannya. Mereka juga tidak perlu mendeteksi rasa manis meskipun bentuk lidahnya mirip mamalia.

Manusia memiliki sekitar 9.000 pengecap dan anjing 1.700. Sedangkan kucing, memiliki lebih sedikit saraf pengecap, yaitu 470 yang tidak memiliki reseptor rasa manis di otak mereka untuk mengenali rasa manis makanan. Kalau merasakan pahit, mereka punya keunggulan. Reseptor pahit kucing sama seperti manusia. Bahkan tujuh jenis reseptor pahit mereka sangat berkembang. Itulah kenapa kucing mampu ekstra sensitif pada makanan beracun di sekitar mereka.

Meskipun kucing tak memiliki reseptor manis, mereka tampaknya mampu merasakan rasa asam, pahit, asin, dan umami dengan cukup baik. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh indra penciuman kucing yang tajam.

Kucing juga tidak memiliki gen reseptor rasa seperti manusia dan anjing. Reseptor rasa adalah protein dalam sel pengecap yang memungkinkan otak mengenali rasa tertentu. Dalam sebuah penelitian, peneliti mengidentifikasi urutan DNA dan memeriksa struktur dari 2 gen, yaitu Tas1r2 dan Tas1r3. Karena kucing hanya memiliki salah satu reseptor gen yang mendeteksi rasa, maka mereka hanya bisa merasakan manis yang pekat meskipun tidak sepenuhnya dapat merasakan yang seperti dirasakan manusia.

Penjelasan di atas menjelaskan bahwa kucing mendambakan daging atau produk hewani dari ikan. Beberapa kucing mungkin menyukai jenis buah tertentu. Tetapi ini bukan berarti mereka bisa merasakan sepenuhnya rasa dalam buah tersebut. Makanan tersebut juga kemungkinan tidak berarti sehat untuk anabul. Misalnya buah-buahan atau kue manis yang mengandung lemak butter. Sebagai saran, pilihlah makanan kucing yang kaya protein hewani dan rendah karbohidrat.