Bagikan:

YOGYAKARTA – Cabut kuku kadang diperlukan sebagai jalan keluar saat terjadi kondisi yang tidak normal, misalnya karena pendarahan yang disebabkan luka, cantengan, dan sebagainya. Pencabutan kuku dilakukan dengan cara operasi. Setelah prosedur operasi dilakukan akan meninggalkan luka yang dapat menimbulkan rasa sakit. Selama luka beluk kering maka potensi terasa nyeri tetap ada. Agar luka cabut kuku cepat kering perlu dilakukan sejumlah perawatan tambahan.

Agar Luka Cabut Kuku Cepat Kering

Penyembuhan luka pada cabut kuku sebenarnya bisa terjadi asal dilakukan perawatan yang tepat. Perawatan tersebut bisa dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini, dilansir dari Foot Care Scotland.

  1. Lepaskan Balutan Pascaoperasi

Setelah prosedur pengangkatan kuku dilakukan, dokter akan membalut jari pasien. Namun balutan tersebut tidak untuk selamanya, pasien harus bisa melakukan penggantian secara mandiri agar proses penyembuhan lebih cepat.

Lepaskan balutan dengan hati-hati mulai dari bagian bawah jari kemudian ke atas. Jika balutan menempel di atas luka, cobalah merendam jari tersebut ke dalam baskom berisi air hangat degan sedikit garam.

  1. Bersihkan Luka

Jika balutan sudah terbuka sepenuhnya, bersihkan luka dari kotoran yang menempel. Proses pembersihan bisa dilakukan dengan perendaman air asin yang hangat selama lima menit. Setelah itu keringkan area sekitar luka dengan handuk bersih.

  1. Ganti Pembungkus Baru

Setelah dirasa bersih, pasien harus membungkus lagi luka di jari dengan kain kasa baru yang bersih. Pemasangan bisa dilakukan dengan tangan, namun pastikan tangan steril.

  1. Pastikan Pembungkus Tak Mudah Lepas

Jika sudah terbungkus rapi, pastikan pembungkus tidak mudah lepas. Biasanya cara yang bisa dilakukan adalah dengan tambahan perekat atau cukup dengan ikatan yang tidak terlalu kencang. Lakukan pergantian perban setidaknya dua hari sekali agar tetap bersih.

Tips Menyembuhkan Luka Cabut Kuku Lebih Cepat

Penyembuhan luka pada cabut kuku sebenarnya membutuhkan waktu lebih lama dibanding luka biasa seperti di tangan atau kaki. Namun agar luka lebih cepat pulih, ikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Jangan Berjalan di Area Kotor

Untuk sementara waktu hindari tempat-tempat kotor yang berpotensi menyebabkan infeksi bakteri lebih banyak, misalnya di pasar becek, di laut, sungai, dan sebagainya.

  1. Hindari Pergerakan Kaki yang Terlalu Berat

Disarankan pula untuk tidak melakukan aktivitas yang melibatkan gerakan kaki terlalu berat seperti berlari, melompat, berenang, dan sebagainya. Tunggu hingga luka benar-benar kering.

  1. Jangan Biarkan Luka Terkena Air Terlalu Lama

Jangan membiarkan luka pengangkatan kuku kaki terkena air terlalu lama. Tidak disarankan untuk melakukan kegiatan di air seperti berenang, atau terkena hujan terlalu lama.

  1. Hindari Sepatu atau Sarung Tangan

Lebih baik menghindari mengenakan sepatu dengan ujung tertutup atau sarung tangan pada luka pencabutan kuku. Hal itu dilakukan untuk menghindari kuku jari terkena tekanan.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar luka cabut kuku cepat kering. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.