Bagikan:

JAKARTA - Woozi SEVENTEEN buka suara setelah dituding membuat lagu untuk grupnya menggunakan AI atau artificial intelligence. Kabar ini bermula ketika sebuah portal berita internasional menyebut ada kemungkinan SEVENTEEN menggunakan AI untuk musik mereka.

Hal ini juga berhubungan dengan pernyataan Woozi ketika konferensi pers bahwa ia bereksperimen dengan AI untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Ia mencoba untuk berjalan beriringan dengan teknologi AI tapi tetap menjaga identitas musik SEVENTEEN.

Ketika kabar itu beredar, Woozi mengunggah tulisan di Instagram Story-nya. Kalimat singkat itu menjadi pernyataan bahwa ia sebagai produser tidak menggunakan AI dalam membuat lagu-lagu SEVENTEEN.

“Seluruh musik SEVENTEEN ditulis dan dibuat dengan kreator manusia,” tulis Woozi dalam bahasa Korea dan Inggris.

Selain Woozi, agensi yang menaungi SEVENTEEN - PLEDIS Entertainment menyatakan bahwa mereka tidak pernah menggunakan AI untuk hal resmi.

“Tidak benar bahwa AI digunakan untuk lirik lagu SEVENTEEN,” kata sumber dari PLEDIS.

Pihak agensi juga meminta perbaikan dalam pernyataan portal berita tersebut untuk menghindari kesalahan informasi yang diberikan kepada publik.

Woozi merupakan salah satu member SEVENTEEN yang menjadi sosok di balik lagu-lagu grup mereka dan musisi lain. Ia memproduksi beberapa album SEVENTEEN termasuk album terbaru mereka, 17 is Right Here.

Selain itu, Woozi juga mengerjakan lagu untuk unit Jeonghan x Wonwoo, BSS, Tobi Lou, fromis_9, Bumzu, NUEST W, I.O.I, dan lainnya.