Bagikan:

YOGYAKARTA – Ibu hamil sangat dianjurkan untuk memperhatikan posisi tidurnya. Pasalnya, posisi tidur yang kurang tepat akan mengancam kesehatan ibu dan janin. Yang lebih buruk posisi tidur yang salah akan memicu keguguran. Oleh karena itu penting untuk semua ibu yang sedang mengandung tahu posisi tidur penyebab keguguran.

Posisi Tidur Penyebab Keguguran

Harus diketahui bahwa posisi tidur saat hamil harus makin diperhatikan seiring ukuran perut yang terus membesar. Berikut ini beberapa posisi tidur yang memperbesar risiko keguguran.

  1. Tidur Posisi Tengkurap

Saat hamil sebisa mungkin menghindari posisi tengkurap. Pasalnya tidur seperti itu cukup berbahaya karena janin akan tertekan serta peredaran darah jadi kurang lancar. Selain itu posisi ini juga tidak nyaman mengingat ukuran perut akan terasa mengganjal.

  1. Tidur Posisi Telentang

Tidur telentang juga memperbesar risiko gangguan pada janin sehingga sebaiknya dihindari terutama saat masa kehamilan di trimester terakhir.

Dilansir dari National Library od Medicine, posisi tidur telentang di akhir kehamilan berisiko pada keguguran dengan risiko sebesar 5,8 persen.

Hal serupa juga dijelaskan dalam American Pregnancy Association. Tidur dengan posisi telentang oleh Ibu hamil memicu masalah di area punggung, mengganggu pernapasan, perncernaan, dan yang perlu diwaspadai adalah adanya penurunan sirkulasi ke jantung dan janin. Posisi tidur dengan posisi telentang juga dapat memicu gangguan pernapasan pada ibu hamil.

  1. Tidur Miring ke Kanan

Ibu hamil disarankan untuk tidak terlalu sering tidur dengan posisi miring ke kanan. Posisi tersebut dianggap dapat memberi efek penekanan pada hati sehingga fungsinya bisa terganggu.

  1. Tidur Posisi Kaki Lebih Tinggi

Terkadang ibu hamil mengatasi rasa lelah dan kakinya yang membengkak dengan tidur posisi kaki diganjal bantal. Posisi itu membuat kaki lebih tinggi hingga meningkatkan peredaran darah di area kaki. Meski hal itu bisa dilakukan, namun disarankan agar ibu hamil tak tidur dengan posisi tersebut.

Akibat tidur posisi kaki diganjal bantal adalah mempersempit ruang janin dan saat itu terjadi janin jadi kekurangan oksigen.

Lalu bagaimana posisi tidur untuk ibu hamil yang direkomendasikan?

Di situs Sleepfoundation disarankan kepada ibu hamil untuk tidur miring ke kiri karena posisi tersebut dianggap yang paling sehat selama kehamilan. Posisi tersebut mampu meningkatkan sirkulasi darah dengan cara mencegah tekanan rahim bertumpu di beberapa titik yakni pembuluh darah, punggung, dan organ dalam.

Selain untuk untuk memudahkan ibu hamil tidur disarankan untuk mencukupi asupan nutrisi serta tidur di tempat yang nyaman. Hindari tidur di tempat yang terang serta mulai mengurangi kebiasaan bermain ponsel sebelum tidur. Selain itu jika ibu mengalami masalah tidur selama kehamilan disarankan untuk berkonsultasi ke dokter.

Itulah beberapa posisi tidur penyebab keguguran. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.