Pandangan Kabur saat Bangun Tidur? Cek Penyebabnya di Sini
Ilustrasi (Matteus Silva/Pexels).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apa penyebab pandangan kabur saat bangun tidur? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Sebagian di antar kita mungkin pernah mengalami pandangan mata kabur saat bangun tidur. Kondisi ini biasanya tidak berlangsung lama, penglihatan mata akan kembali normal atau jelas setelah Anda mencoba mengedipkan mata atau mengucek mata dengan pelan.

Penyebab Pandangan Kabur saat Bangun Tidur

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 13 Januari 2024, berikut beberapa penyebab pandangan kabur saat bangun tidur:

1. Alergi pada mata

Alergi pada mata bisa mengakibatkan mata gatal, bengkak, berair, serta kering hingga menyebabkan pengelihatan kabur ketika bangun di pagi hari.

Alergi pada mata disebabkan oleh paparan alergen pada konjungtiva, atau selaput kelopak mata pada permukaan mata. Alergen tersebut dapat berupa tungau, debu, dan bulu hewan yang ada di kamar.

2. Mata kering

Mata kering adalah sebuah kondisi dimana mata tidak mendapatkan pelumasan yang cukup dari air mata. Kondisi ini bisa menyebabkan pandangan kabur saat bangun tidur.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan tetes mata yang mengandung hydroxypropyl methylcellulose dan benzalkonium chloride. Dua bahan kimia ini dapat meringankan rasa tidak nyaman akibat kurangnya air mata.

Selain menggunakan tetes mata, Anda juga bisa berkedip beberapa kali setelah bangun tidur untuk memulihkan kornea mata dari pengelihatan yang kabur.

3. Tidur dengan posisi telungkup

Tidur dengan posisi telungkup bisa membuat kelopak mata kehilangan elastisitas. Kondisi ini dikenal dengan istilah Floppy Eyelid Syndrome (FES).

Sindrom kelopak mata terkulai bisa memicu pengelihatan menjaadi kabur di pagi hari. FES dapat terjadi pada siapa saja, namun lebih sering terjadi pada pria berbadan gemuk.

4. Tidur dengan lensa kontak

Penyebab pandangan mata kabur saat bangun tidur yang berikutnya adalah tidur dengan lensa kontak. Selain membuat pandangan menjadi kabur, kebiasaan ini juga dapat mengurangi suplai oksigen ke mata dan menyebabkan mata kering.

5. Kadar gula darah terlalu tinggi

Kadar gula di dalam darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan keburaman saat bangun tidur di pagi hari. Akan tetapi, untuk penyebab yang satu ini biasanya diiringi dengan gejala lainnya, seperti pusing dan badan lesu.

6. Tidur di bawah kipas angin

Tidur di bawah kipas angin ternyata bisa berdampak buruk pada kesehatan mata. Kebiasaan ini bisa mengeringkan kulit dan mata, bahkan saat kelopak mata tertutup rapat. Bila sudah demikian, mata akan terasa gatal dan pengelihatan akan menjadi kabur saat bangun tidur.

7. Trauma kornea

Trauma kornea adalah luka yang terjadi pada kornea mata. Adapun yang dimaksud dengan korena mata adalah lapisan bening yang melapisi iris atau selaput pelangi pada mata.

Kornea mata berfungsi sebagai medium pembiasan dalam penglihatan. Trauma pada kornea akan menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Trauma kornea dapat terjadi pada siapa saja, tanpa mengenal usia, jenis kelamin, dan ras, dan menyusun sekitar 10 persen dari seluruh kegawatdaruratan mata.

Demikian informasi tentang penyebab pandangan kabur saat bangun tidur. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.