Bagikan:

JAKARTA - Menjaga dinding tetap bersih rasanya agak sulit, terutama jika Anda memiliki anak kecil di rumah. Anak-anak kerap menjadikan dinding sebagai kanvas untuk menggambar dan mewarnai menggunakan krayon. 

Tentu saja, dinding yang dipenuhi noda krayon membuat rumah terlihat kotor, tidak terawat, dan menurunkan keindahan penampilan rumah. Namun, tak usah khawatir, noda krayon bisa dibersihkan dengan mudah, bahkan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.  Melansir dari The Spruce, Jumat, 5 Juli, berikut sejumlah cara membersihkan noda krayon pada dinding

Membersihkan noda crayon dengan baking soda

1. Buat pasta

Sediakan mangkuk kecil, lalu tambahkan sedikit air dengan suhu ruangan kemudian masukkan beberapa sendok makan bubuk baking soda. Campurkan hingga teksturnya menyerupai pasta kental tapi mudah dioleskan.

2. Gunakan Kain Pembersih untuk Menggosok Dinding

Ambil kain mikrofiber bersih dan kering, lalu celupkan salah satu sudutnya ke dalam pasta baking soda ambil sekitar satu sendok makan penuh campuran sekaligus. Usapkan pasta ke permukaan yang bernoda. Gosok perlahan bekas krayon di dinding dengan kain mikrofiber dan gerakkan dengan gerakan memutar.

3. Bersihkan

Setelah noda krayon perlahan mulai hilang, ambil kain mikrofiber bersih, basahi dengan air, dan bersihkan sisa baking soda. Biarkan dinding hingga benar-benar kering, buka jendela atau arahkan kipas angin ke arah dinding guna mempercepat proses pengeringan jika diperlukan.

Menghilangkan noda krayon dengan pasta gigi

1. Gunakan pasta gigi non-gel untuk metode ini guna mencegah noda pada dinding.

2. Oleskan sedikit pasta gigi langsung ke bekas krayon.

3. Ambil sikat gigi dengan kain lembut atau kain mikrofiber bersih dan gosok pasta gigi ke bekas krayon.

4. Setelah itu basahi kain mikrofiber bersih dan bersihkan sisa pasta gigi, lalu biarkan dinding benar-benar kering.

Teknik menghilangkan noda krayon dengan mayonnaise

1. Sendokkan sedikit mayo ke atas kain mikrofiber bersih.

2. Gosok perlahan mayo ke bekas krayon hingga hilang.

3. Basahi kain mikrofiber baru yang bersih dan bersihkan sisa mayo dari dinding.

4. Jika permukaan tampak berminyak karena mayo, celupkan kain pembersih ke dalam air yang dicampur dengan beberapa tetes deterjen ringan dan bersihkan sisa minyak.

Membersihkan noda krayon dengan cairan pembersih

1. Semprotkan cairan pembersih rumah tangga dalam jumlah banyak langsung ke bekas krayon.

2. Tergantung pada tebal tipisnya noda goresan krayon, oleskan atau usapkan pembersih secara perlahan untuk menghilangkan noda sepenuhnya.

3. Seka sisa pembersih dengan kain mikrofiber lembap atau tisu bersih.