Bagikan:

YOGYAKARTA – Untuk meminimalisir penggunaan plastik sebagai kemasan sekali pakai, alternatifnya jika harus memakai kantong plastik, kantong zipper bisa jadi alternatif jika kepepet. Memang lebih baik mewadahi makanan yang dibekukan atau disimpan dalam lemari pendingin dengan wadah makanan kedap udara. Tetapi biar bisa menyimpan banyak tumpukan, bisa memakai kantong plastik zipper yang digunakan berkali-kali. Namun, ahli mikrobiologi menyarankan hal berikut ini.

Menurut pakar keamanan pangan di Departemen Ilmu Pangan Penn State, Martin Bucknavage, jika Anda menyimpan daging mentah, unggas, atau ikan menggunakan kantong zipper, mungkin tidak ideal mencucinya kembali karena potensi patogen pada daging sulit dihilangkan. Zipper juga tidak disarankan menyimpan benda lain, atau bahan makanan, yang dapat menampung mikroba, misalnya produk busuk atau keju berjamur.

kantong zipper bisa dicuci dan dipakai berkali-kali
Ilustrasi kantong zipper bisa dicuci dan dipakai berkali-kali (Freepik)

Saran Bucknavage, karena harga zipper tidak murah dan harus minim sampah, maka untuk tempat daging, ikan, dan daging unggas, sebaiknya memakai tempat yang bisa dibersihkan. Misalnya memakai kotak menyimpan makanan yang kedap udara. Semakin dengan kualitas yang baik, semakin mudah dibersihkan dari mikroba, patogen, dan bakteri.

Brian Hedlund, ahli mikrobiologi di Universitas Nevada, Las Vegas, mengatakan aman untuk menggunakan kembali tas zipper. Kantong ini, menurut Hedlund steril ketika pertama kali dipakai karena dipanaskan hingga suhu 180 hingga 240 derajat Celcius selama produksi. Tas tidak lagi steril setelah digunakan, namun ada faktor-faktor tertentu yang menentukan apakah tas dapat digunakan kembali.

Jika kantong zipper dipakai menyimpan makanan kering atau kue kering, buah dan sayuran yang dibekukan, boleh dipakai kembali setelah dicuci bersih. Tetapi jika setelah dipakai menyimpan bahan-bahan yang mudah rusak, seperti daging, ikan, dan telur, maka baiknya cari alternatif tempat lain sehingga bisa dipakai kembali. Misalnya seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa memakai kotak penyimpanan makanan yang kedap udara.

“Tidak apa-apa menggunakan kembali kantong Ziploc yang bersih untuk barang-barang kering, karena aktivitas airnya terlalu rendah untuk memungkinkan pertumbuhan mikroba (sebagian besarnya),” kata Hedlund dilansir The Spruce Eats, Rabu, 12 Juni.

Cara mencuci kantung zipper, pakailah air hangat dan sabun cuci piring anti bakteri. Masukkan campuran tersebut ke dalam kantong zipper, tutup ritsletingnya, dan keluarkan cairan, bilas hingga bersih lalu keringkan. Anda tidak perlu membalik kantong supaya cepat kering, karena bisa merobeknya.