Bagikan:

YOGYAKARTA – Menstruasi adalah siklus bulanan pada wanita berupa peluruhan dinding rahim yang kemudian dikeluarkan lewat vagina bersama darah. Disebut siklus bulanan karena normalnya dialami oleh wanita usia produktif tiap 28 hari dengan periode menstruasi 4 sampai 8 hari. Akan tetapi, siklus bulanan pada tiap wanita ternyata bisa tidak lancar. Penyebab menstruasi tidak lancar pun sangat beragam.

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar dan Tak Teratur

Seorang wanita dikatakan memiliki siklus enstruasi tidak lancar atau tak teratur jika dalam beberapa kondisi yakni sebagai berikut.

  • Siklusnya terjadi lebih dari 35 hari atau kurang dari 21 hari.
  • Mens berubah-ubat tiap bulan
  • Volume darah yang keluar dari vagina kadang banyak kadang sedikit.

Ketidak lancaran mens di atas bisa disebabkan oleh beragam faktor yakni sebagai berikut.

  1. Berada di 2 Tahun Pertama Pubertas

Mens tidak lancar di waktu 2 tahun pertama wanita memasuki masa pubertas adalah hal wajar. Kondisi itu terjadi karena hormonnya belum seimbang sehingga berdampak pada perubahan jadwal menstruasi. Kondisi ini masuk dalam daftar penyebab telat haid pada remaja.

  1. Pola Hidup

Menstruasi kurang teratur bisa dipicu karena pola hidup. Bahkan, olahraga yang berlebihan bisa berdampak pada ketidakteraturan tersebut. Selain itu bisa juga disebabkan oleh obesitas, stres, terlalu sering begadang, hingga penurunan berat badan secara drastis.

  1. Rokok

Kebiasaan merokok berdampak pula pada hormon dalam tubuh sehingga berpengaruh pada ketidakteraturan mens. Bahaya lagi, rokok juga mampu mengurangi jumlah sel telur, menurunkan kesuburan, mempercepat menopause, dan mengganggu kesehatan.

  1. Efek Samping Alat Kontrasepsi

Beberapa alat kontrasepsi juga berdampak pada mens yang tak lancar seperti IUD (spiral) dan pil KB. Kontrasepsi IUD akan memicu keluarnya darah dengan jumlah lebih banyak dibanding sebelumnya. Sedangkan pil KB mampu mencegah indung telur melepas sel telur yang kemudian berpengaruh ke menstruasi.

  1. Kehamilan

Ciri-ciri orang hamil adalah berhentinya siklus bulanan menstruasi. Biasanya kondisi ini dibarengi dengan tanda-tanda lain seperti mudah mual, mudah kelelahan, dan sebagainya. Untuk memastikan kehamilan disarankan untuk melakukan tes USG.

  1. Cadangan Ovarium Menurun

Seseorang yang mengalami penurunan indung telur akan mengalami ketidakteraturan menstruasi. Kasus ini biasanya terjadi pada wanita yang mulai menua. Namun, tak jarang pula kasus serupa terjadi pada wanita muda.

  1. Sedang Menyusui

Menstruasi bisa terlambat saat sedang menyusui. Saat kondisi tersebut, hormon prolaktin pada ibu menyusui akan naik demi kelancaran ASI. Kondisi itulah yang kadang berdampak pada keterlambatan mens. Tak perlu khawatir karena hal ini wajar dan tidak membahayakan sang ibu.

  1. Menjelang Menopause

Menopause terjadi sebagai dampak penuaan wanita. Menjelang menopause, siklus bulanan akan pelan-pelan hilang.

  1. Kondisi Medis Tertentu

Keterlambatan menstruasi juga bisa terjadi pada wanita yang punya kondisi medis tertentu. Misalnya karena menderita kista, kanker, gangguan hormon, dan sebagainya.

Itulah beberapa penyebab menstruasi tidak lancar. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.