Bagikan:

YOGYAKARTA - Paraf dan tanda tangan kerap dibubuhkan di dalam dokumen yang dianggap penting, penolakan atau persetujuan atas sesuatu hal yang bersifat resmi. Namun di umur berapa kalian baru tahu apa perbedaan tanda tangan dan paraf?

Meskipun paraf dan tanda tangan sudah melekat di segala aktivitas masyarakat yang bersifat pemberkasan namun hal itu masih ada saja loh yang bingung dan tak tahu apa bedanya tanda tangan dan juga paraf.

Oleh karenanya, kali ini kita bakalan membahasnya, simak sampai selesai, ya!

Pengertian Tanda Tangan

Tanda tangan merupakan coretan unik yang dihasilkan oleh seorang buat jadi bukti dan pengesahan pada dokumen penting secara individu.

Pemakaian tanda tangan dapat membuat banyak perubahan, misalnya tanda tangan surat warisan maksudnya seorang menyetujui pemindahan warisan.

Berbeda apabila seseorang menandatangani surat nikah, maka maksudnya seorang tersebut meresmikan dirinya di mata negara kalau dia sudah dipersunting. Pemberian tanda tangan tidak boleh sembarangan, karena bila jatuh ke tangan yang salah bakal dengan gampang disalahgunakan. Banyak terjadi permasalahan penipuan cuma dengan bermodalkan tanda tangan saja. Jadi selalu waspada serta hati-hati dalam membagikan tanda tangan Kalian.

Pengertian Paraf

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), paraf ialah kependekan dari tanda tangan. Paraf merupakan tanda identifikasi berbentuk coretan dari tangan orang dengan lebih simpel.

Manfaat paraf dalam suatu dokumen yaitu menampilkan persetujuan pernyataan.

Misalnya, Kalian diminta buat memberikan paraf pada hasil ulangan anak. Maksudnya Kalian sudah mengenali serta menyetujui nilai yang diperoleh oleh buah hati Kalian. Dengan paraf, persetujuan jadi lebih singkat. Jadi lebih hemat waktu saat melaksanakannya.

(Gambar Romain Dancre-Unsplash)
(Gambar Romain Dancre-Unsplash)

Perbedaan Tanda Tangan dan Paraf

Nah, walaupun nyaris sama, nyatanya keduanya mempunyai perbedaan lho, apa saja perbedaan antara paraf serta tanda tangan. Ikuti selengkapnya berikut ini!

I. Perbedaan Jenis Penulisan

Perbedaan paraf serta tanda tangan terletak pada tipe penulisannya. Sebab lebih simpel, gampang serta simpel paraf umumnya ditulis tangan. Tanda tangan pula ditulis tangan, tetapi bersamaan berkembangnya teknologi yang pesat saat ini hadir tanda tangan digital yang mempermudah Kalian.

Tanda tangan digital merupakan suatu fenomena kriptografi yang memanglah dengan terencana terbuat untuk mengamankan identitas digital lewat sertifikasi digital. Kalau ingin belajar membuatnya bis abaca di: “Cara Membuat Tanda Tangan Barcode yang Simple”.

Apalagi saat ini mayoritas dokumen berupa digital, semacam membuat rekening bank baru ataupun mendaftar kuliah mayoritas dokumennya digital, sehingga tanda tangan digital ini merupakan solusi kreatif yang dapat digunakan dengan gampang.

II. Perbedaan Bentuk

Paraf serta tanda tangan mempunyai perbedaan dalam wujudnya. Memanglah ini merupakan salah satu metode yang masih cukup gampang membedakan antara keduanya sebab dapat dilihat dengan sangat jelas. Bila Kalian memperhatikannya, tentu bakal lekas menemukan perbedaan kedua nya.

Tanda tangan wujudnya cenderung lebih rumit, panjang serta sulit ditiru. Tanda tangan biasa digunakan buat mengesahkan dokumen, pada saat terdapat tanda tangan disitulah dokumen kuat di mata hukum. Tujuan terbuat rumit biar tidak gampang ditiru oleh orang lain, sehingga tidak gampang disalahgunakan.

Sebaliknya paraf umumnya wujudnya lebih sederhana, simpel serta terbuat dengan waktu yang lebih pendek. Singkatnya, paraf ialah kependekan dari tanda tangan. Oleh sebab itu, tidak heran apabila wujud paraf ataupun juga tanda tangan seseorang mirip-mirip.

III. Perbedaan Fungsi

Beda paraf serta tanda tangan terletak pada gunanya. Paraf berperan selaku identitas diri yang sifatnya tidak formal. Dapat digunakan buat tanda mengenali ataupun menyetujui. Semacam yang telah dipaparkan sebelumnya, paraf digunakan buat tanda kalau seseorang mengenali dokumen tersebut. Misalnya paraf pada hasil ulangan anak, paraf dosen buat tugas mahasiswa, paraf peserta seminar serta lain sebagainya.

Sedangkan tanda tangan letaknya lebih kuat, tanda tangan jadi identitas resmi seseorang yang sah di mata hukum. Jadi seperti yang telah dipaparkan, tanda tangan dapat melakukan perubahan. Penggunaannya sangat hati-hati serta bertanggungjawab.

Jadi setelah mengetahui perbedaan tanda tangan dan paraf, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!