Bagaimana Perubahan Karakter Pria Usia 50 Tahun? Begini Menurut Ahli
Ilustrasi pria usia 50 tahun (Unsplash/Rana Sawalha)

Bagikan:

JAKARTA – Sepanjang usia dari lahir hingga fase old age perubahan fisik dapat terlihat dengan jelas. Rambut mulai memutih, energi mulai terbatas, dan bagaimana dengan karakter pria usia 50 tahun ke atas? Menurut studi beberapa ahli, perubahan karakter terjadi pada fase kehidupan.

Karakter seseorang dipengaruhi oleh pengalaman, lingkungan sosial, lingkungan keluarga, dan sedikit campur tangan genetik. Karakter implikasinya pada sifat-sifat yang dimiliki seseorang. Pada fase middle age atau lepas usia 40 dan memasuki usia 50 tahun, karakter pria akan mengalami perubahan.

Dilansir dari New York Times, Rabu, 17 Maret, sejak awal 40-an pria mengalami penurunan testosteron 1 persen setiap tahun. Tahap ini oleh beberapa dokter dianggap sebagai tahan menopause pria atau dikenal dengan andropause.

Secara fisik, pria dalam kelompok usia 40 hingga 50-an cenderung dekat dengan risiko diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi. Berat badan cenderung mudah naik karena metabolisme mengalami penurunan. Sedangkan perubahan karakter pria usia 50 tahun dari berbagai ahli, sebagai berikut:

Lebih pemaaf dan pengertian

Lynell Ross, seorang pelatih kesehatan dan kebugaran mengungkapkan bahwa ketika seseorang memasuki usai 50 tahun, biasanya tidak hanya lebih bijaksana tetapi juga lebih baik, pemaaf, dan lebih pengertian.

Pengalaman yang dialami sudah beragam seiring bertambahnya usia sehingga dapat menimbang dan memutuskan hal-hal yang bisa dimaafkan serta diperbaiki.

Mengindari pilihan yang berisiko

Dalam ulasan tentang hubungan, seorang psikolog klinis, Carissa Caulston, PhD mengungkapkan bahwa seseorang di usia 50 tahun tidak mudah tergoda pada pilihan-pilihan berisiko termasuk mulai membangun hubungan baru.

Segala pertimbangan akan dipikirkan matang sehingga keputusan tidak diambil dengan sembrono. Robert Thomas, ahli terapi seks, mengatakan bahwa pria usia 50 tahun memiliki jam aktif terbatas. Misalnya pukul 10 malam sudah lelah sehingga lebih memilih dimanfaatkan untuk hal yang penting saja.

Lebih reflektif

Pria usia 50 tahun mungkin menghadapi banyak penilaian diri negatif, kata Thomas. Perhatian pada diri semakin terpusat tetapi justru memperlihatkan butuh perhatian dari pihak lain.

Lebih memahami tanggung jawab

Setelah mengalami beberapa fase hidup. Karakter pria usia 50 tahun jauh berbeda dari usia 20 tahun yang hanya sekedar bersenang-senang. Di usia 50 tahun lebih memahami tanggung jawab, bagaimana merawat pasangan, anak, orang tua atau keliarga yang lain.

karakter pria usia 50 tahun
Ilustrasi pria usia 50 tahun (Unsplash/Christian Buehner)

Berorientasi pada tujuan dan sulit berkompromi dengan orang lain

Gail Saltz, MD., seorang profesor psikiatri di New York Presbyterian Hospital Weill-Cornell School of Medicine, mengatakan bahwa pada usia 50-an seseorang akan memiliki pola perilaku dan perasaan terkait dengan nilai, tujuan, dan gagasan tentang bagaimana hidup seharusnya berjalan.

Ketika tujuan, nilai, dan gagasan sudah bulat maka sulit sekali berkompromi dengan hal-hal yang tidak sejalan, termasuk kompromi dengan orang lain yang beda tujuan.

Sulit menerima orang yang tidak disukai

Bekaitan dengan karakter pria usia 50 tahun poin di atas, pada usia ini seseorang akan jauh lebih mantap dengan cara menilai diri. Itu artinya akan lebih sulit dan kurang sabar untuk orang yang tidak Anda sukai.