Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi umat muslim yang sering melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan khususnya roda empat disarankan untuk mengetahui cara tayamum di mobil. Dengan mengetahui doa dan tata caranya, Anda tak perlu bingung menjalankan ibadah dalam perjalanan.

Tata cara wudhu tanpa air atau tayamum mencakup banyak hal mulai dari doanya, cara, hingga hal-hal yang membatalkan.

Cara Tayamum di Mobil

Tayamum di mobil adalah mensucikan diri dari hadats kecil dan hadats besar menggunakan media debu yang ada di sekitar kursi mobil. Bisa dikatakan bahwa tayamum bisa digunakan sebagai ganti wudhu dengan catatan tidak ditemukannya air atau sedang dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk wudhu.

Berbeda dengan wudhu, tayamum punya cara sendiri. Berikut ini tata cara tayamum sebelum menunaikan ibadah.

  1. Membaca Niat

Dalam agama Islam, niat memegang peran penting dalam setiap tindakan termasuk tayamum. Berikut ini bacaan niat tayamum yang umum dibaca.

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

Nawaitu tayammuma listibaahatish Sholaati lillaahi Ta'ala

Artinya:

"Aku berniat Tayamum untuk diperbolehkannya sholat karena Allah Ta'ala."

  1. Tempelkan Telapak Tangan di Debu

Setelah membaca niat, tempelkan kedua telapak tangan ke area yang berdebu namun suci. Anda bisa memilih kursi, dinding, atau plafon mobil.

  1. Usap Wajah

Setelah itu usap debu yang menempel di telapak tangan ke wajah sama seperti gerakan wudu. Prosesi ini juga punya tata caranya sendiri. Saat mengusapkan debut, usap bagian wajah kanan dengan telapak tangan kiri, sedangkan wajah bagian kiri diusap dengan telapak tangan kanan. Usahakan pengusapan dilakukan secara merata tanpa terlewat.

  1. Usap Tangan

Jika bagian wajah sudah terusap, beralihlah ke bagian tangan dari ujung jari hingga siku secara gantian dan menyilang. Tangan kanan mengusap tangan kiri, begitu sebaliknya. Lakukan usapan sebanyak tiga kali. Jangan lupa untuk mengusap bagian sela jari-jari agar debu bisa mengenai tangan secara rata.

  1. Membaca Doa Setelah Tayamum

Tidak hanya pada wudhu, ada pula doa setelah tayamum yang disunnahkan untuk dibaca. Berikut doa sesudah tayamum.

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaaa ilaaha illallah wahdahuu laa yasrikalahu wasyhadu anna Muhammadan 'abduhuu wa Rasuuluh. Allahumaj'alnii minat tawwabiina waj'alnii minal mutathohhiriina waj'alnii min 'ibadikash shoolihin. Subhaanakallahumma wabihamdika asyhadu allaa ilaaha illa Anta Astaghfiruka watuubu ilaiika.

Artinya:

"Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang ahli taubat, jadikanlah aku termasuk orang yang ahli bersuci dan jadikanlah aku termasuk golongan hamba-hamba-Mu yang salih. Maha Suci Engkau Ya Allah dan dengan memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubatkepada-Mu."

Hal-hal yang Membatalkan Tayamum

Perlu diketahui pula bahwa ada hal-hal yang membatalkan Tayamum sehingga membuatnya tidak sah yakni sebagai berikut, dilansir dari NU Online.

  1. Setiap hal yang membatalkan wudhu juga membatalkan tayamum
  2. Jika menemukan air sebelum salat maka tayamum jadi tidak sah atau batal dan harus diganti dengan wudhu saat itu juga
  3. Salah satu alasan tayamum adalah kesehatan atau kondisi darurat tertentu. Namun jika sebelum salat tiba-tiba orang tersebut bisa menyentuh air maka tayamum batal dan harus diganti dengan wudhu.

Cara tayamum di mobil harus diketahui agar ibadah tidak terganggu. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.