Bagikan:

YOGYAKARTA - Menanam buah melon saat ini merupakan kegiatan yang digandrungi banyak anak muda dan penghobis tanaman. Alasannya yak arena bersifat ekonomis dan dapat menyenangkan hati. Namun tahukah kalian lokasi lahan yang cocok untuk menanam melon?

Melon (Cucumis melo) termasuk dalam suku timun-timunan. Masih satu saudara dengan semangka, blewah serta timun suri. Seperti halnya suku timun-timunan lain, melon tumbuh merambat namun tidak dapat memanjat. Apabila tidak ditopang, tumbuhan ini bakal berkembang menjalar di atas permukaan tanah.

Lokasi Lahan yang Cocok Untuk Menanam Melon

Tempat ideal buat budidaya melon terletak pada kisaran ketinggian 250-700 m dpl. Apabila ketinggian kurang dari 250 m, tumbuhan melon cenderung menghasilkan buah yang kecil. Sebaliknya di dataran tinggi dengan temperatur dibawah 18oC, tumbuhan ini susah buat tumbuh.

Tumbuhan melon menghendaki tingkatan kelembaban udara 50-70%. Temperatur rata-rata yang sesuai buat budidaya melon berkisar 25-30oC dengan curah hujan 1500-2500 mm/tahun. Mutu buah melon bakal semakin baik apabila ada perbedaan suhu siang serta malam cukup signifikan.

Persiapan Lahan dan Penanaman

Lahan buat budidaya melon hendaknya dibajak terlebih dahulu buat menghaluskan bongkahan tanah. Setelah itu wujud bedengan dengan lebar 100-120 centimeter, tinggi 30-50 centimeter, panjang 10-15 m serta jarak antar bedengan 50-60 centimeter.

Sehabis itu berikan pupuk dasar berbentuk pupuk kompos ataupun pupuk kandang sebanyak 15-20 ton/hektar. Tambahkan pula ZA, KCl serta SP-36 masing-masing 375 kilogram, 375 kilogram serta 250 kilogram buat tiap hektarnya. Campurkan pupuk tersebut di atas bedengan serta aduk sampai menyeluruh dengan tanah bedengan. Biarkan lahan tersebut selama 2-4 hari.

Apabila pH tanah yang bakal digunakan buat budidaya melon kurang dari 5, berikan dolomit ataupun kapur pertanian sebanyak 2 ton per hektar. Gabungkan dengan tanah bedengan paling tidak 2-3 hari saat sebelum pemupukan dasar.

Berikutnya tutup bedengan dengan plastik mulsa hitam perak. Warna hitam menghadap ke tanah serta warna perak ke bagian luar. Buat lubang tanam di atas mulsa tersebut. Dalam tiap bedengan ada 2 baris lubang tanam dengan jarak antar baris 60 centimeter serta jarak antar lubang dalam satu baris 50-60 centimeter. Penutupan mulsa minimal wajib dilakukan 2 hari saat sebelum penanaman.

Langkah selanjutnya tanam bibit yang sudah disiapkan. Satu bibit buat tiap lubang tanam. Setelah itu siram untuk agar tidak layu sebab kekeringan. Penanaman hendaknya dilakukan di sore hari saat matahari tidak begitu terik.

Lokasi Tanam Melon Hidroponik

Tanaman melon membutuhkan sinar matahari minimal 6 jam dalam satu hari. pH sempurna media tanam melon hidroponik antara 6.0– 7.0 dengan kepekatan nutrisi hingga 2000 ppm.

Tetapi apabila menanam melon hidroponik dipekarangan rumah yang kadangkala kesulitan mencari posisi yang cocok, memilah tempat yang menemukan sinar matahari pagi minimal 6 jam.

Hindari menempatkan tanaman melon hidroponik pada posisi yang terhalang tembok, tanaman besar maupun rumah orang sebelah.

Tanaman melon tidak bakal tumbuh dan berproduksi dengan baik tanpa sinar matahari.

(Gambar melon -Nathan Raikman-Unsplash)
(Gambar melon -Nathan Raikman-Unsplash)

Jenis Buah Melon

Jenis buah melon sangat bermacam-macam. Tetapi cuma 3 kultivar yang terkenal dibudidayakan, yaitu reticalatus, inodorus serta cantalupensis.

Reticalatus. Tipe melon ini ialah kultivar paling terkenal. Wujudnya membulat dengan kulit buah bercorak hijau serta teksturnya berjala, semacam terlapisi jaring. Daging buah bercorak hijau muda sampai oranye.

Inodorus. Tipe ini mempunyai kulit buah yang lembut tidak berjala. Wujudnya membulat sampai lonjong. Warna kulit buah kuning sampai kuning pucat kehijauan. Warna dagingnya ada yang hijau, oranye sampai putih. Daging buah tidak beraroma.

Cantalupensis. Tipe ini mempunyai kulit buah yang bergelombang semacam labu, atau disebut berjuring. Daging buah bercorak kuning ataupun oranye, aromanya sangat kuat. Blewah termasuk dalam jenis ini.

Kalau kalian gemar menanam, dianjurkan untuk membaca “Cara Menanam Tumbuhan Hidroponik”.

Jadi setelah mengetahui lokasi lahan yang cocok untuk menanam melon, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!