Bagikan:

YOGYAKARTA – Apa warna urine penderita batu empedu bisa dijawab sesuai dengan tingkat keparahan. Biasanya warna condong ke gelap. Pasalnya perubahan warna urine jadi salah satu gejala seseorang mengalami gangguan kesehatan batu empedu.

Dilansir dari AI Care, batu empedu (kolelitiasis) adalah kondisi dimana terjadi pembentukan batu di kantung empedu. Batu ini terbentuk akibat endapan kolesteril yang mengeras. Jumlah endapan yang terlalu banyak berakibat pada penyimbatan saluran empedu hingga memicu gejala-gejala lain.

Gejala Batu Empedu

Saat terjadi penyumbatan di kantung empedu akibat endapan, penderita akan mengalami beberapa gejala yang bisa dilihat dan dirasakan yakni sebagai berikut.

  1. Perut Kanan Atas Terasa Nyeri

Nyeri yang terasa di perut bagian kanan atas bisa menjalar sampai punggung dan bahu. Kemunculannya tiba-tiba, namun kadang bisa dipicu karena makanan penyebab batu empedu seperti makanan berlemak tinggi.

Gejala ini bisa terjadi selama 1 sampai 5 jam. Di beberapa kasus rasa nyeri bahkan tak bisa reda hingga beberapa hari.

  1. Mengalami Demam

Demam yang dirasakan oleh penderita batu empedu diakibatkan karena adanya infeksi di kantung empedu. Biasanya kondisi ini bisa terjadi lebih dari 24 jam.

  1. Gangguan Sistem Pencernaan

Batu empedu yang diderita dalam waktu lama akan memicu gangguan sistem pencernaan berupa mual dan muntah. Gangguan ini sebagai respon adanya nyeri di area perut. Bahkan mengarah ke gangguan yang lebih parah bisa terjadi diare kronis.

  1. Nafsu Makan Turun Drastis

Karena terjadi gangguan pencernaan hingga rasa nyeri di area perut, penderita biasanya mengalami penurunan nafsu makan. Bukan hal tidak mungkin bobot pasien juga makin berkurang.

  1. Sakit Kuning

Penderita batu empedu juga bisa terkena penyakit kuning. Hal ini terjadi karena cairan empedu yang mengandung bilirubin akan bocor ke darah akibat terhalang oleh endapan yang membatu. Kebocoran ini akan yang membuat warna kulit dan mata jadi kuning.

  1. Kulit Gatal

Gejala ini juga cukup sering dialami oleh penderita batu empedu. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan garam empedu di darah karena tersumbat.

  1. Warna Tinja Pucat

Cairan empedu ikut berperan dalam pewarnaan tinja. Saat cairan ini tersumbat, warna tinja jadi pucat bahkan menyerupai warna tanah liat.

  1. Warna Urine Berubah Gelap

Warna urine sakit batu empedu biasanya berwarna gelap condong ke cokelat hingga merah tua. Warna ini disebabkan karena bilirubin yang tinggi. Oleh karenanya penderita biasanya akan diminta melaporkan warna urine untuk pemantauan.

Sebagai langkah pencegahan agar tak makin parah, simak rekomendasi posisi tidur penderita batu empedu.

Kesimpulannya, apa warna urine penderita batu empedu adalah warna cokelat gelap. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.