Bagikan:

YOGYAKARTA – Kecantikan Gunung Bromo tidak selalu terlihat setiap hari. Oleh karena itu penting bagi wisatawan untuk mengetahui kapan waktu yang tepat liburan ke Bromo. Pasalnya, keindahan Bromo bisa kurang maksimal karena beragam faktor salah satu yang paling pengaruh adalah cuaca.

Lalu apakah penentuan waktu liburan ke Bromo bisa didasarkan pada musim? Tentu saja! Wisatawan harus jeli mencari tahu info cuaca di Bromo secara update.

Kapan Waktu yang Tepat Liburan ke Bromo?

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih bulan yang tepat untuk pergi ke Bromo. Berikut ini waktu yang direkomendasikan.

  1. Low Season (Januari-April, September-November)

Waktu terbaik menikmati pemandangan Gunung Bromo adalah saat low season, yakni sekitar bulan Januari hingga April, serta September hingga November. Low season adalah waktu dimana pengunjung tidak terlalu ramai sehingga wisatawan bisa lebih leluasa menikmati suasana Gunung Bromo.

Di masa ini pengunjung juga bisa mendapatkan akomodasi liburan lebih mudah bahkan murah. Namun kekurangannya adalah di bulan ini potensi hujan atau mendung lebih besar. Disarankan untuk memilih tempat yang aman dari gangguan cuaca.

  1. Musim Kemarau (Juli-Agustus)

Sangat disarankan untuk wisata ke Bromo antara bulan Juli sampai Agustus. Di bulan tersebut Indonesia tengah berada di musim kemarau sehingga potensi hujan, berawan, atau cuaca buruk lain lebih kecil. Gantinya, Gunung Bromo akan menunjukkan kecantikannya. Pengunjung juga bisa menikmati sunset maupun sunrise, atau bisa menikmati bentang alam saat siang hari.

Namun kekurangan wisata ke Bromo di bulan ini adalah akomodasi jadi lebih mahal dan sulit untuk didapatkan. Selain itu Gunung Bromo biasanya akan ramai dengan pengunjung. Bagi sebagian orang kondisi semacam itu membuat mereka kurang nyaman.

  1. Momen Festival Seni dan Budaya (Juli, Desember)

Direkomendasikan wisata ke Bromo ketika sedang banyak diadakan festival dan budaya. Di Kawasan Bromo memang kerap diadakan beragam festival budaya yang dibuka untuk umum seperti Eksotika Bromo Festival, Jazz Gunung Bromo, atau pesta tahun baru.

Festival seni dan budaya di Kawasan Gunung Bromo biasanya diadakan bulan Juli. Ada pula pesta penyambutan tahun baru di penghujung bulan Desember. Namun untuk lebih memastikan lagi, wisatawan dapat mencari tahun sendiri agar lebih akurat dan tak salah jadwal.

  1. Bulan Penuh (Purnama)

Di momen ini akan diadakan Upacara Adat dan Keagamaan Kasada Suku Tengger. Biasanya akan digelar beragam pertunjukan tradisional seperti Tandak, Jaranan, dan acara tradisional khas Suku Tengger. Upacara ini digelar di bulan Kasada di hari ke-14 ketika purnama. Upacara ini juga digelar tiap tahun oleh masyarakat Suku Tengger, baik pemeluk Hindu, Katolik, bahkan Islam.

Selain terkait kapan waktu yang tepat liburan ke Bromo, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.