Bagikan:

YOGYAKARTA - Pentingnya sikat gigi nampaknya di zaman ini sudah banyak yang sadar dan tidak pernah meninggalkan rutinitas mensterilkan gigi dan mulut dari kuman ini setiap harinya. Namun yang perlu diketahui adalah soal takaran pasta gigi yang benar itu seperti apa? Yuk kita bahas!

Faktanya, banyak hal yang mesti kita perhatikan saat menyikat gigi, mulai dari cara menggosok gigi yang efektif serta takaran yang semestinya. Kalian mesti mengetahuinya, apalagi kalau sudah menjadi orang tua, itu wajib hukumnya.

Bila selama ini Kalian belum memahami manfaat pasta gigi dan teknik menentukan jumlahnya, maka pembahasan berikut ini pasti berguna untuk Kalian.

Pentingnya Pasta Gigi dalam Proses Perawatan Gigi

Pemakaian jenis serta takaran pasta gigi yang benar bakal memberikan beberapa manfaat berikut ini:

I. Memperlambat Proses Demineralisasi

Dengan berkurangnya kandungan mineral pada gigi dipengaruhi banyak aspek, mulai dari umur serta proses peradangan dari kuman. Prediksi hilangnya mineral akibat kuman bisa dilakukan dengan memakai pasta gigi yang pas kandungannya. Demineralisasi akibat umur bisa dibantu dengan konsumsi mineral yang sesuai.

II. Melindungi Warna Natural Gigi

Terdapat bermacam aspek yang dapat merangsang perubahan warna gigi, semacam Kerutinan merokok dan mengkonsumsi santapan serta minuman berwarna. Tidak perlu terlalu resah karena pergantian warna gigi dapat dicegah dengan menggosok gigi memakai tipe serta takaran pasta gigi yang benar.

III. Meminimalkan Bermacam Gangguan Kesehatan Gigi

Menggosok gigi dengan pasta gigi berkualitas bakal membuat keadaan gigi serta mulut bebas dari bermacam permasalahan kesehatan. Sebagian kendala kesehatan yang rentan terjadi apabila Kalian malas menggosok gigi, antara lain gigi berlubang, bau mulut, radang gusi, dan karang gigi.

(Gambar  Roman Marchenko-Unsplash)
(Gambar Roman Marchenko-Unsplash)

Cara Menentukan Takaran Pasta Gigi yang Benar

Sampai saat ini, masih banyak orang menyangka kalau pemakaian pasta gigi wajib dilakukan sepanjang dimensi bulu sikat. Sementara itu, anggapan tersebut nyatanya keliru. Kalian tidak memerlukan jumlah pasta gigi yang terlalu banyak untuk membuat gigi bersih maksimal. American Dental Association melaporkan kalau takaran pasta gigi yang benar buat orang dewasa hanya sebesar biji kacang polong ataupun biji jagung. Jumlah tersebut sudah lumayan buat mensterilkan gigi apabila dibarengi dengan cara menyikat gigi yang pas.

Sedangkan itu, anak yang belum tumbuh gigi tidak memerlukan pasta gigi sekali sebab proses membersihkan rongga mulut cuma perlu kain kasa basah yang bersih. Anak-anak yang sudah memiliki gigi serta umurnya masih di bawah 3 tahun (batita) memerlukan pasta gigi sebanyak butiran beras saja.

Takaran pasta gigi tersebut sudah pas sebab umumnya batita belum sanggup berkumur serta membuang air kumur dengan benar sehingga pasta gigi rentan tertelan. Batita kerap menelan pasta gigi dalam jumlah banyak berisiko alami fluorosis, yakni kerusakan permukaan gigi akibat asupan fluoride berlebihan. Jumlah pasta gigi bisa ditingkatkan sedikit demi sedikit bersamaan dengan pertambahan umur anak sampai mencapai takaran sebesar kacang polong ataupun biji jagung menjelang dewasa.

Yang Harus Dihindari Saat Menggosok Gigi

I. Menggosok Terlalu Cepat Ataupun Terlalu Sering

Melansir dari ANTARA, pastikan menggosok gigi tidak lebih dari 2 kali sehari. Menggosok gigi secara berlebihan bisa merusak gusi serta enamel ataupun email gigi.

II. Cara Menggosok Gigi yang Salah

Menggosok gigi wajib vertikal, tetapi mayoritas orang terbiasa melaksanakan sapuan gosok secara horizontal panjang. Ini bisa menimbulkan iritasi serta kerusakan.

Pegang sikat pada sudut 45 derajat ke gusi. Sikat gusi serta gigi Kalian dengan gerakan naik turun dan sapuan pendek.

III. Menggosok Gigi Dengan Keras

Menggosok gigi dengan keras bisa merusak gusi. Menggosok gigi lebih dari 3-4 kali pula tidak baik buat Kalian.

Sebab menghilangkan kebiasaan menggosok gigi yang buruk mungkin susah dilakukan, maka beralihlah dari sikat manual ke sikat otomatis.

IV. Salah Memilih Sikat Gigi

Kesalahan dalam memilah sikat gigi bisa mengganggu gigi. Bulu sikat yang keras ataupun sedang bisa mengikis lapisan gigi yang sehat.

V. Memakai Pasta Gigi Anti-Sensitivitas/Pemutih Permanen

Kesalahan umum lainnya yaitu memakai pasta gigi yang memiliki obat buat gigi sensitif. Pasta gigi buat gigi sensitif memanglah sanggup menghilangkan gejala semacam ngilu, namun tidak bisa menanggulangi permasalahan tersebut serta rentan membuat gigi berlubang, penyakit gusi serta bau mulut.

Komponen utama dari pasta gigi khusus buat gigi sensitif yaitu menyembuhkan sensitivitas serta mencerahkan warna gigi. Pasta gigi tipe ini sesungguhnya tidak masalah asalkan penggunaannya dalam jumlah yang pas.

Selain itu kalian juga perlu tahu alasan “Kenapa Kebanyakan Pasta Gigi Beraroma Mint?”.

Jadi setelah mengetahui takaran pasta gigi yang benar, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!