Bagikan:

YOGYAKARTA - Sejatinya buah merupakan makanan yang alami dan sangat baik buat tubuh kita, namun, apabila kalian adalah penderita ambeien alias wasir, maka kalian perlu memperhatikan buah yang tidak boleh dimakan penderita ambeien. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Pasalnya, ambeien merupakan kondisi pembuluh darah di sekitar anus dan rektum yang mengalami pembengkakan, dan juga kerap kali disertai dengan pendarahan. OMG!

Supaya tidak terlalu parah, ada beberapa buah yang tidak boleh dimakan oleh penderita ambeien.

Apabila pengidap ambeien tetap mengonsumsinya, apalagi dalam jumlah yang melampaui batas, maka perihal tersebut dapat merangsang komplikasi, semacam infeksi sampai gangguan pencernaan yang lebih parah.

Jadi, mari ikuti apa saja buah yang tidak boleh dimakan penderita ambeien di bawah ini!

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Ambeien

Ilustrasi durian (Gambar  Mufid Majnun-Unsplash)
Ilustrasi durian (Gambar Mufid Majnun-Unsplash)

I. Durian

Salah satu tipe buah yang tidak boleh dimakan pengidap ambeien yaitu durian. Durian mempunyai kandungan lemak serta kalori yang besar. Ini bisa menyebabkan peningkatan berat badan serta tekanan pada saluran pencernaan, terutama di pembuluh darah sekitar anus.

Durian pula memiliki zat sulfur yang gampang menguap jadi senyawa gas. Gas ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada pengidap ambeien, semacam perut kembung serta iritasi pada usus besar ataupun lambung.

II. Buah yang Belum Matang

Mengkonsumsi buah-buahan yang belum matang pula termasuk pantangan penderita wasir. Pada dasarnya, buah yang belum matang mempunyai kandungan toksin tinggi sebab nutrisi belum sempurna. Perihal ini bisa membahayakan kesehatan pencernaan bila dikonsumsi sembarangan.

Tidak hanya nutrisinya yang belum sempurna, tipe buah ini pula mempunyai kandungan tanin serta asam tinggi sehingga bisa membuat BAB jadi keras pada penderita wasir. Jadi, hendaknya tunggu beberapa hari supaya buah matang sempurna serta siap buat dimakan.

III. Buah yang Diawetkan

Buah pantangan ambeien yang lain yaitu yang melewati proses pengawetan. Buah-buahan ini kerap kali ditambahkan gula, pengawet, ataupun zat kimia lainnya yang bisa merangsang saluran pencernaan.

Tidak hanya itu, beberapa buah yang diawetkan pula mempunyai kadar garam tinggi sehingga bisa merangsang terbentuknya retensi cairan. Retensi cairan bisa menimbulkan pembengkakan di seluruh badan, terutama sekitar anus, dan tingkatkan tekanan pada pembuluh darah.

IV. Buah dengan Bumbu Pedas

Terakhir, buah yang tidak boleh dimakan penderita ambeien yaitu yang mempunyai cita rasa pedas, semacam cabai serta aneka rujak. Perihal ini disebabkan buah yang pedas bisa memberikan sensasi panas di perut dan sekitar anus.

Kemudian, buah-buahan dengan rasa pedas mempunyai isi zat aktif, semacam capsaicin, yang bisa merangsang infeksi di saluran pencernaan sekaligus tingkatkan aliran darah sehingga tidak baik buat dikonsumsi oleh pengidap ambeien.

V. Buah Sitrus

Salah satu larangan makanan untuk pengidap ambeien yaitu mengkonsumsi buah sitrus, semacam jeruk serta lemon. Walaupun diperkaya vitamin C, buah sitrus pula memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga bisa merangsang iritasi pada saluran pencernaan.

Kemudian, sitrus pula kerap dimanfaatkan selaku solusi pencahar alami sebab kandungan seratnya yang tinggi. Jadi, apabila pengidap ambeien mengkonsumsi buah sitrus dalam jumlah yang banyak, perihal ini bisa memunculkan permasalahan baru, semacam BAB jadi cair.

VI. Buah Beri

Buah yang tidak boleh dimakan pengidap ambeien berikutnya yaitu beri-berian, semacam stroberi, raspberry, serta blueberry. Sama semacam sitrus, buah beri pula diperkaya kandungan asam sehingga bisa memunculkan iritasi serta perut kembung pada penderita ambeien.

Tidak hanya itu, buah beri pula mempunyai biji-biji kecil yang kasar. Hingga dari itu, apabila pengidap ambeien tidak berjaga-jaga saat mengkonsumsi buah beri, saluran pencernaan bisa terluka serta memperparah pembengkakan pada area anus.

VII. Buah Kering

Kismis, plum, serta kurma, termasuk buah yang tidak boleh dimakan penderita ambeien sebab melewati proses pengeringan. Buah yang dikeringkan cenderung mempunyai kandungan gula tinggi sehingga bisa menyebabkan peningkatan berat badan serta tekanan pada pembuluh darah.

Tidak hanya itu, buah kering pula mempunyai konsentrat tinggi sebab sebagian besar air di dalamnya sudah hilang. Maka dari itu, tipe buah ini termasuk pantangan pengidap ambeien sebab bakal susah dicerna oleh saluran pencernaan serta tingkatkan resiko terbentuknya sembelit.

Bicara soal ambeien, kalian juga mesti tahu “9 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Ambeien”.

Jadi setelah mengetahui buah yang tidak boleh dimakan penderita ambeien, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!