Bagikan:

YOGYAKARTA – Mencampur susu dengan madu banyak dilakukan para penikmatnya. Namun bagaimana efek minum susu campur madu sebenarnya? Apakah kombinasi keduanya punya dampak spesifik untuk kesehatan?

Seperti diketahui, penyampuran madu ke susu dilakukan dengan berbagai tujuan namun yang paling sering adalah untuk mendapatkan rasa manis menginat susu sapi murni rasanya cenderung gurih.

Efek Minum Susu Campur Madu

Susu dan madu sama-sama punya nutrisi yang baik untuk manusia. Susu dikenal karena menjadi sumber protein, kalsium, dan berbagai nutrisi lain. Sedangkan madu dikenal karena rasanya manis sekaligus punya sifat antioksidan. Bahkan madu punya manfaat sendiri, misalnya madu hitam untuk asam lambung. Saat mencampurkan susu dengan madu pada dasarnya aman.

Minum susu dengan campuran madu banyak disebut punya kelebihan tertentu. Berikut ini beberapa efek baik minum susu campuran madu.

  1. Minuman yang Menyegarkan

Biasanya penggemar susu sapi memilih pakai madu sebagai pemanis dalam minuman mereka. Penyampuran ini dilakukan karena mampu menghasilkan minuman yang lezat. Selain itu penggunaan madu sebagai pemanis disebut lebih sehat dibanding gula cair.

  1. Meredakan Masalah Kesehatan

Efek minum susu campur madu untuk kesehatan memang perlu diteliti lebih jauh. Namun beberapa penelitian, dilansir dari Times of India, menunjukkan bahwa susu madu membantu melancarkan pencernaan.

Beberapa ahli juga mengatakan, dilansir dari onmanorama, bahwa efek minum susu campur madu meredakan beberapa kondisi kesehatan misalnya meredakan sakit tenggorokan, meredakan batuk pilek, dan gejala flu lain.

  1. Memberi Efek Menenangkan

Minum susu hangat yang dicampur madu membantu memberikan efek menenangkan. Disarankan untuk meminumnya sebelum tidur agar kualitas tidur meningkat.

Meski punya efek baik, minuman susu campur madu punya efek lain yang perlu diperhatikan yakni sebagai berikut.

  1. Berpotensi Menambah Berat Badan

Susu dan madu sama-sama tinggi kalori yang berperan dalam penambahan berat badan. Artinya saat mengonsumsi minuman ini akan ada risiko peningkatan kalori yang memicu penambahan berat badan. Terlebih minuman ini punya rasa yang nikmat, gelas kecil kadang tidak cukup. Disarankan pula untuk tidak mengonsumsi minuman ini saat program diet karena akan mengganggu hasil diet.

  1. Waspadai Gula

Madu punya rasa yang sangat manis. Meski alami dengan berbagai potensi manfaat kesehatan, manisnya madu perlu diperhatikan. Konsumsi gula berlebih dapat memicu efek negatif untuk kesehatan seperti lonjakan gula darah hingga memicu lubang di gigi.

  1. Risiko Alergi

Pencampuran susu dan madu bisa memicu alergi bagi sebagian orang. Sebelum mengonsumsi minuman ini perhatikan dulu daftar alergi yang Anda miliki.

  1. Potensi Kontaminan

Yang harus diwaspadai adalah mencampurkan susu dengan madu berkualitas rendah. Saat ini ada banyak madu yang dipanen tanpa memperhatikan higienitas hingga adanya potensi kontaminasi. Saat madu tersebut dicampur dengan susu ada potensi menimbulkan masalah kesehatan khususnya pencernaan.

Itulah informasi terkait efek minum susu campur madu. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.