Bagikan:

YOGYAKARTA – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah salah satu metode ujian yang diterapkan di jalur seleksi masuk perguruan tinggi. Sebagaimana namanya, tes UTBK dilakukan oleh calon mahasiswa dengan menggunakan komputer. Peserta ujian akan mengerjakan soal lewat komputer.

Dalam UTKB, seluruh proses dilakukan lewat komputer. Peserta ujian akan mendapatkan soal kemudian menjawab soal lewat komputer.

Tidak Bisa Jawab Soal UTBK Harus Apa

Dalam mengerjakan soal, peserta ujian seleksi kampus kadang menemui kendala yang membuat ia tak bisa menjawab soal. Misalnya tidak mempelajari soal yang diujikan atau tidak mampu memahami soal karena terlalu panjang. Saat itu terjadi, peserta ujian memiliki dua pilihan yakni mengarang jawaban atau memilih untuk tidak menjawab soal tersebut. Lalu apa yang harus dilakukan saat tak bisa jawab soal UTBK?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut peserta ujian disarankan untuk memahami sistem penilaian tes UTBK. Pemahaman tersebut akan membantu peserta ujian menentukan langkah bijak saat menjawab soal dalam UTBK.

Perlu diketahui bahwa sistem penilaian UTBK tidak mengenal sistem pengurangan nilai. Informasi tersebut bahkan disampaikan oleh Sekretaris Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Bekti Cahyo Hidayanto. Informasi tersebut sekaligus menjawab rumor yang mengatakan bahwa kesalahan dalam menjawab soal dalam UTBK akan membuat nilai berkurang.

Saat jawaban peserta di UTBK salah, maka skor tidak akan dikurangi. Oleh karena itu dirasankan untuk seluruh peserta UTBK agar tetap menjawab semua soal yang tersaji demi menambah peluang tambahan skor saat tes.

Perlu diketahui bahwa UTBK 2024 atau terbaru akan menggunakan sistem Item Response Theory (IRT). Di sistem tersebut, bobot skor yang didapat oleh peserta ujian bisa berbeda-beda tergantung tingkat kesulitan soal. Sedangkan tingkat kesulitan soal, dilansir dari webiste SMA 01 Sedayu, ditentukan setelah seluruh ujian selesai didasarkan pada seberapa banyak peserta yang berhasil menjawab atau gagal di nomor soal yang ada.

Jika soal nomor tertentu banyak dijawab secara benar oleh peserta ujian, maka bobot jadi rendah. Kebalikannya, jika para peserta banyak menjawab soal tertentu secara salah, maka peserta yang berhasil menjawab soal tersebut akan mendapat skor tinggi. Berikut ini ketentuan penilaian UTBK metode IRT.

  • Soal yang sulit dapat skor tinggi dibanding soal mudah
  • Soal yang dijawab dengan benar oleh banyak peserta maka akan mendapat skor 1
  • Soal yang tidak dijawab akan dapat skor 0
  • Jawaban salah tidak mendapat pengurangan nilai

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peserta UTBK disarankan untuk tetap mengisi seluruh soal agar kemungkinan mendapat skor tinggi tetap ada. Peserta ujian UTBK tak perlu khawatir mendapat pengurangan skor dalam UTBK karena tidak ada sistem pengurangan nilai.

Itulah informasi terkait tidak bisa jawab soal UTBK harus apa. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.