Bagikan:

JAKARTA - NewJeans mengambil langkah hukum dengan meminta pengadilan federal di California, Amerika Serikat, untuk memerintahkan Google mengungkap identitas orang di balik akun YouTube yang menurutnya telah menyebarkan pernyataan pencemaran nama baik tentang mereka.

Menurut Ney York Times, tindakan yang dilakukan pada 27 Maret lalu merupakan contoh dari respons bintang K-pop terhadap tekanan yang mereka hadapi dari budaya penggemar online yang kuat di Korea Selatan.

Jika permintaan NewJeana dikabulkan, makan akan memungkinkan bagi ADOR, label yang menaungi mereka, untuk menuntut pengguna YouTube di Korea Selatan atas pencemaran nama baik dan penghinaan, yang merupakan pelanggaran pidana di negara tersebut.

“Kami secara teratur mengambil tindakan hukum atas pelanggaran hak artis,” kata ADOR dalam pernyataannya.

Adapun, permintaan NewJeans tersebut didasarkan pada pengguna YouTube dengan akun @Middle7 yang telah membuat pernyataan yang disebut menimbulkan kerusakan reputasi yang signifikan dalam puluhan video yang telah ditonton lebih dari 13 juta kali.

Sebelumnya, NewJeans mengajukan tuntutan pidana terhadap YouTuber tersebut ke kantor polisi di Seoul. Namun kasus tersebut tidak dapat dilanjutkan karena akun YouTube tersebut anonim.

Eugene Kim, pengacara NewJeans telah meminta informasi kepada Google, yang mengoperasikan YouTube, tentang akun YouTube tersebut. Setelah dia tidak berhasil, dia mengajukan mosi tersebut ke pengadilan di California berdasarkan undang-undang federal yang mengizinkan orang memperoleh dokumen yang diperlukan dalam proses di luar negeri.