Sebelum Membeli, Waspadai 7 Tanda Tas Hermes Birkin Palsu
Ilustrasi tanda tas Hermes Birkin palsu (Sumber: Hermes official)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Berbelanja barang mewah, penting untuk memastikan barang yang dibeli asli, atau bukan “barang kw”. Salah satunya belanja tas mewah Hermes seri Birkin. Shoulder bags ini bukan hanya lambang kemewahan. Tetapi juga ikon budaya yang identic dengan kekayaan, status, serta eksklusivitas. Nah, untuk memastikan tas Hermes asli, apalagi ketika membeli second hand atau beli di store baru atau bukan seller terpercaya, berikut yang perlu diwaspadai.

1. Tidak memiliki fitur-fitur khas

Hermes Birkin yang asli merangkum cerita sejak didesain pertama hingga saat ini banyak orang familiar dengan desainnya. Tetapi untuk memastikan seri tas yang mulai dirilis 30 tahun lalu ini, ketahui fitur-fitur khasnya dan keseluruhan ceritanya. Selanjutnya, amati tas dari setiap sudut. Mulai dari tekstur kulitnya, apakah kenyal atau terasa cukup lentur, penampakan visualnya secara detail, bahkan aromanya.

tanda tas hermes birkin palsu
Ilustrasi tanda tas Hermes Birkin palsu (Freepik)

2. Dilabeli harga murah

Tas Hermes Birkin merupakan investasi karena harganya mencerminkan kualitas dan eksklusivitas yang luar biasa. Jika Anda tergoda oleh kesepakatan yang tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, periksa dulu. Pasalnya, menemukan Birkin dengan harga murah sama seperti menemukan unicorn di toko bahan makanan terdekat. Ingat, membayar lebih sedikit sekarang bisa berarti membayar lebih banyak di kemudian hari.

3. Kualitas pengerjaan tidak cermat

Salah jahitan tak mungkin dilakukan oleh pengrajin andal yang dipercara rumah fashion yang berdiri sejak 1837 ini. Karena setiap jahitan merupakan bukti seni yang presisi dituangkan dalam penciptaan ikon kemewahan ini. Kulitnya terasa kenyal namun kuat, dan tasnya kokoh, hampir menonjolkan posturnya. Melansir All Women’s Talk, Jumat, 12 April, barang palsu mungkin kualitasnya buruk. kulitnya bisa terkelupas, dan tasnya mungkin bungkuk.

4. Bahan biasa dan bau aroma kimiawi

Birkin dibuat dengan bahan yang berkualitas. Ketika disentuh, akan terasa sempurna dan halus. Namun barang palsu mungkin akan beraroma kimiawi dari kulit imitasi, dengan tekstur yang jauh berbeda dari kelenturan pengerjaan asli. Perhatikan juga soal beratnya, Hermes Birkin bahan asli memiliki bobot yang tidak dapat ditiru oleh bahan palsu. Jadi, jika tas Anda terasa lebih ringan dari perkiraan, berhati-hatilah. Ingat, dalam dunia kemewahan, detaillah yang membuat perbedaan terkait kualitas kulit, keselarasan tampilan, nuansa, dan bahkan bobot.

tanda tas hermes birkin palsu
Ilustrasi tanda tas Hermes Birkin palsu (Freepik)

5. Jahitan tidak rapi, longgar, dan tak rata

Melihat secara jeli adalah kunci menemukan barang mewah asli yang diidamkan lama. Tak hanya tas, apapun itemnya, penting untuk riset detail terlebih dahulu sebelum positif membelinya. Untuk jahitan Hermes Birkin, dilakukan dengan tangan untuk mendapatkan jahitan yang rapi, rata, dan ketat. Kesempurnaan jahitan tangan pada Hermes Birkin, tidak ada yang mengalahkan. Ini yang perlu juga diamati sebelum salah membeli produk palsu.

6. Pengerjaan bagian logam terasa murahan

Bagian logam, atau disebut perangkat keras pada Birkin asli, biasanya dilapisi emas atau palladium. Itu artinya tahan terhadap noda dan goresan. Ukiran logo juga dibuat tak bercela. Ukirannya selalu dalam, halus, dan memancarkan keahlian sejati.

7. Tidak menyertakan detail item dalam satu paket pembelian

Dalam satu tas Hermes Birkin, terdapat penanda logo menempel. Ini bisa dengan jelas dirasakan dengan sentuhan dan pemeriksaan detail. Kalau disentuh tidak dipahat secara halus, atau logo terlihat tidak tegas dan janggal, itu artinya bukan yang asli. Nah, untuk gembok dan kunci, biasanya memuat nomor seri unik. Jika kuncinya terasa ringan atau nyaring, bel peringatan akan berbunyi di kepala Anda. Kunci asli dilengkapi dengan tali kulit yang dikenal sebagai clochette, yang membungkus pegangannya.

Saat mengintip tas Birkin bagian dalam, pengerjaannya pasti mencerminkan kemewahan. Setiap saku dibuat dengan cermat sehingga hasilnya halus, rapi, dan potongannya rata. Ritsleting dalam akan meluncur dengan mulus. Untuk kedua pengangan bagian atas, keduanya sejajar sempurna dan kokoh tak tergoyahkan. Keseimbangan pegangan selalu tepat dengan pemasangan yang dijahit dengan ketelitian sehingga terlihat sempurna.

Saat membeli, cobalah juga sial bentuk geometrinya. Karena dibuat oleh ahli, tas Hermes Birkin ini proporsional dan seimbang, tidak miring satu sisi. Birkin asli disajikan dalam kotak kokoh berkualitas tinggi dengan hasil akhir yang sempurna. Warna kotak harus oranye solid dengan kilau halus, dan logo Hermes harus tajam dan berada di tengah, tidak buram atau miring. Di dalamnya, Anda akan menemukan tas dibungkus dengan kertas tisu yang lembut namun tahan lama.

Uniknya lagi, tas Hermes Birkin asli tidak ada kartunya. Kalau biasanya validasi keaslian menyertakan “kartu asli”, untuk Hermes tidak menyertakan kartu untuk membuktikan apapun. Hanya saja, perhatikan detail pada label harga, stempel, dan logo. Selain tanda yang perlu diwaspadai sebelum membeli tas mewah Hermes Birkin, penting juga cek reputasi penjual.