Wakili Arab Saudi Pertama Kali Ikut Miss Universe, Rumy Al-Qahtani: Saya Merasa Terhormat
Rumy Al-Qahtani (Foto: Instagram/@rumy_alqahtani)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu wanita yang menjadi kontestan Miss Universe 2024 adalah Rumy Al-Qahtani dari Arab Saudi. Dia adalah finalis pertama yang berasal dari Arab Saudi.

Melalui Instagram pribadinya, Rumy mengaku bangga lantaran dipercaya mewakilkan Arab Saudi di Miss Universe. Ini pun menjadi bagian dari catatan sejarah pertama kalinya bagi Arab Saudi di ajang Miss Universe.

Dalam unggahannya itu, Rumy tampil seksi mengenakan sleveless dress dengan selendang Miss Universe Arab Saudi. Terlihat ada mahkota di atas rambutnya. Dengan bangganya, ia mengibarkan bendera Arab Saudi.

"Saya merasa terhormat berpartisipasi dalam Miss Universe tahun 2024. Ini adalah keikutsertaan pertama Kerajaan Arab Saudi dalam kompetisi Miss Universe," tulisnya, dikutip dari akun Instagram @rumy_alqahtani, Senin, 26 Maret.

Rumy mengatakan tujuan utama mengikuti ajang kontes kecantikan adalah meningkatkan kesadaran tentang kultur Kerajaan Arab Saudi dan warganya.

"Tantangan terbesarnya adalah representasi pribadi saya tentang (khas) perempuan Saudi dan penampilannya, yang sesuai menggambarkan warga Saudi," kata Al-Qahtani, seperti dilansir dari laman Arab News.

Sebelum ikut Miss Universe, Rumy juga pernah ikut sejumlah kontes kecantikan lainnya, yakni Miss Planet International di Kamboja, kontes kecantikan Miss Woman International di Roma, ajang Miss Europe Continental di Naples, kontes Miss Arab World di Mesir, kompetisi Miss Arab Unity di Aljazair, dan kontes Miss Timur Tengah dan Afrika Utara di Irak.

Rumy melihat perannya sebagai duta budaya untuk negaranya. Ia mengatakan tujuan utamanya mengikuti kontes kecantikan untuk meningkatkan kesadaran tentang Kerajaan Arab Saudi dan rakyatnya.

"Kontribusi saya adalah untuk belajar tentang budaya dunia dan untuk mentransfer budaya dan warisan asli Saudi kepada dunia," katanya.

Untuk itu, Rumy Al-Qahtani memastikan merayakan budaya Saudi di atas panggung, di mana pun dia berada. Dia bahkan mengenakan gaun tradisional Najdi di kontes kecantikan Miss & Mrs Global Asian di Malaysia. Rumy terus mengunggah penampilan kontesnya kepada satu juta pengikut Instagram-nya.

"Saya mengenakan kostum Najdi dan senang karena saya mewakili wilayah Najd dan kostum populernya dikagumi oleh masyarakat dan pers." lanjutnya.