Bagikan:

JAKARTA - Arab Saudi telah meluncurkan apa yang dikatakannya sebagai hotel unta pertama di dunia, yang didedikasikan untuk layanan dan perawatan unta selama Festival Unta Raja Abdul Aziz keenam.

Hotel yang diberi nama Rest Assured itu terlihat dalam video yang diunggah oleh grup Saudi Camel Club pada hari Minggu di Riyadh.

"Hotel ini bernama 'Tetaman' [Istirahat] dan mencakup 120 kamar hotel yang menyediakan semua layanan untuk unta. Lebih dari 50 orang dipekerjakan di hotel ini di seluruh layanan kamar, perawatan, perhatian, perawatan dan juga perlindungan," terang Mohammed Al Harbi, juru bicara Saudi Camel Club seperti melansir The National News 10 Januari.

Al Harbi mengatakan, hotel menyediakan layanan bintang lima untuk unta tamunya, termasuk makanan, susu panas hingga memastikan kandang bersih dan hangat. Dia menambahkan bahwa hotel saat ini mengenakan tarif sekitar 400 riyal Saudi atau sekitar 106,5 dolar AS per malam.

"Ide hotel ini sangat bagus dan nyaman bagi pemilik unta dan ofisial klub. Unta diperiksa terlebih dahulu sebelum masuk ke kamarnya," terang pemilik unta Omair Al Qahtani.

Sementara itu, festival unta yang akan berlangsung selama 40 hari, dimulai pada 1 Desember mendatang di Riyadh, menyatukan pemilik dan penggemar unta dari Teluk, AS, Australia, Prancis hingga Rusia.

Festival ini menarik lebih dari 100.000 pengunjung setiap hari dari seluruh dunia, berupaya untuk melestarikan peran unta dalam tradisi dan warisan Badui Arab Saudi, bahkan ketika negara kaya minyak itu terus maju dengan modernisasi.

Untuk diketahui, pemuliaan unta adalah industri bernilai jutaan dolar, dengan peristiwa serupa terjadi di seluruh wilayah.