5 Keutamaan Membaca Alquran di Bulan Ramadan: Kebaikan yang Berlipat Ganda hingga Mendapat Mahkota Cahaya
Ilustrasi baca Alquran (Michael Burrows/Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadan jadi salah satu alasan mengapa umat Islam berlomba-lomba mengkhatamkan Alquran. Biasanya pembacaan ayat Alquran dilakukan sesudah ibadah Subuh atau setelah menunaikan ibadah salat Tarawih.

Perlu diketahui bahwa salah satu peristiwa penting di bulan Ramadan adalah Nuzulul Quran yaitu turunya ayat Alquran untuk yang pertama kali. Selain itu ibadah yang dilakukan di bulan Ramadan akan mendapat pahala berlipat-lipat ganda dibanding hari biasa.

Keutamaan Membaca Alquran di Bulan Ramadan

Ada banyak keutamaan membaca Alquran termasuk yang berkaitan dengan pahala. Berikut ini beberapa keutamaannya.

  1. Mendapat Kebaikan yang Dilipatgandakan

Hadits riwayat Ibnu Mas’ud yang dikutip dari situs NU Online menjelaskan, seseorang yang membaca satu huruf Alquran akan mendapat sepuluh kebaikan.

“Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud,- dia katakan bahwa Rasulullah Saw,- telah bersabda; Barangsiapa membaca satu huruf dari Al-Qur’an kitabullah, maka baginya satu kebaikan, sedangkan satu kebaikan dibalas oleh Allah Ta’ala dengan sepuluh kebaikan, tidak dikatakan Alif Lam Mim satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (H.R At-Tirmidzi).

Pahala itu yang jadi alasan mengapa banyak umat Islam harus tahu cara mudah agar khatam Alquran.

  1. Menjadi Penolong di Hari Kiamat

Rasulullah SAW juga memberikan anjuran kepada umatnya untuk membaca Alquran. Pasalnya ayat Alquran yang akan jadi penolong pembacanya saat hari kiamat. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abi Umamah.

“Diriwayatkan dari Abi Umamah, dia katakan bahwa aku telah mendengar Rasulullah Saw bersabda; Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya dia akan datang di hari kiamat sebagai syafaat orang yang membacanya.” (HR. Imam Muslim)

  1. Akan Diturunkan Ketentraman

Keutamaan Alquran tidak hanya diberikan kepada tiap individu, namun akan diberikan kepada para pembaca yang membacanya secara kelompok. Bahkan, keutamaan akan dirasakan oleh semua orang. Hal ini sebagaimana Hadits riwayat Abu Hurairah.

“Dari Abu Hurairah, dari Nabi Muhammad SAW, ia bersabda, ‘Tidaklah satu kelompok orang berkumpul di sebuah rumah ibadah, membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya di tengah mereka, melainkan ketenteraman turun di tengah mereka, rahmat menyelimuti mereka, malaikat menaungi mereka, dan Allah menyebut mereka di tengah orang yang ada di sisi-Nya.” (HR Muslim, Abu Dawud, Ahmad, dan Al-Baihaqi).

  1. Menjadi Syafaat bagi Pembacanya

Dikutip dari situs muhammadiyah.or.id, membaca Alquran juga bisa jadi salah satu bentuk investasi di akhirat nanti. Alquran juga akan memberikan syafaat bagi pembacanya. Hal ini sebagaimana keterangan hadits yang disampaikan oleh  Abu Umamah Al Bahilit.

“Bacalah Al-Quran, maka sesungguhnya ia akan datang pada Hari Kiamat sebagai syafaat bagi ahlinya (yaitu orang yang membaca, mempelajari dan mengamalkannya). (HR. Muslim).

  1. Mahkota Cahaya untuk Orang Tua

Dalam situs Suara Muhammadiyah dikatakan, Abdillah ibnu Buraidah al-Aslamiy, dari ayahnya, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda;

Barangsiapa membaca Alquran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari Kiamat mahkota dari cahaya yang sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan kepada kedua orangtuanya dua perhiasan yang nilainya tiada bandingannya di dunia.

Kedua orangtuanya pun bertanya: Mengapa bisa dipakaikan kepada kami segala bentuk kehormatan ini? Maka dijawab: Karena anak kalian telah membawa (berpegang teguh kepada) Al-Quran. (HR. Hakim, shahih menurut syarat Muslim).

Membaca Alquran tidak hanya memberikan manfaat bagi pembacanya namun untuk orang yang dikasihi si pembaca.

Itulah informasi terkait keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadan. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.