Peristiwa Penting di Bulan Ramadan, Meninggalnya Putri Nabi hingga Nuzulul Quran
Ramadan Light di London, Inggris. (Twitter/@SadiqKhan)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bulan Ramadan tidak hanya jadi bulan penuh berkah namun terdapat berbagai peristiwa penting yang terjadi. Peristiwa penting di bulan Ramadan semakin menjadikan bulan tersebut sebagai bulan yang mulia.

Peristiwa penting yang terjadi di bulan Ramadan tidak hanya bersifat spiritual namun berkaitan dengan sejarah. Artikel ini akan memberikan informasi tentang beberapa peristiwa penting yang terjadi saat bulan Ramadan.

Peristiwa Penting di Bulan Ramadan

Dalam sejarah Islam ada beberapa peristiwa penting yang tercatat terjadi saat bulan Ramadan. Berikut ini peristiwa yang terjadi, dikutip dari berbagai sumber.

  1. Ditetapkan sebagai Hari Ramadan Pertama Kali (1 Ramadan)

Sejarah bulan puasa Ramadan dimuilai tahun ke-2 Hijriah yakni hari Adah, 1 Ramadan 2 H, atau tepat pada 26 Februari 624 M. Tanggal tersebut dikenang sebagai hari pertama bulan Ramadan sehingga sangat istimewa bagi umat Islam.

Ibnu Jarir di kitab Jami'ul Bayan (vol 3, hal 312) mengatakan bahwa "Di tahun ini puasa bulan Ramadan wajib dilakukan. Ada yang berpendapat, puasa Ramadan disampaikan kewajibannya pada bulan Syaban tahun yang sama."

  1. Meninggalnya Putri Bungsu Nabi Muhammad SAW (3 Ramadan)

Di tanggal 3 Ramadan 11 Hijriah (632 Masehi) menjadi hari meninggalnya putri bungsu Nabi Muhammad SAW yakni Fatimah Az Zahra. Ia adalah anak dari istri pertama Nabi yakni Siti Khadijah.

Tidak hanya menjadi anak yang paling disayang, Fatimah Az Zahra juga dikenal sebagai pengawal Nabi SAW yang punya keistimewaan, salah satunya adalah tidak pernah haid sehingga bisa beribadah kepada Allah setiap hari. Az Zahra meninggal enam bulan setelah Nabi Muhammad wafat.

  1. Meninggalnya Istri Pertama Nabi (11 Ramadan)

Istri pertama Nabi Muhammad SAW Khadijah meninggal dunia pada 11 Ramadan tahun ke-10 kenabian, atau tahun 619 Masehi.

Perlu diketahui bahwa Khadijah adalah wanita yang spesial. Ia gelar sebagai Ummul Mukminin alias ibu bagi orang mukmin. Sebagai seorang suami, Nabi Muhammad juga sangat mencintai Khadijah.

  1. Wafatnnya Aisyah (17 Ramadan)

Aisyah adalah istri Nabi Muhammad SAW. Ia merupakan putri Abu Bakar Ash-Shiddiq. Seperti istri nabi yang lain, Aisyah juga sangat spesial. Sosoknya yang cerdas membuatnya kerap ditanyai oleh Sahabat Nabi dan umat Islam pasca Nabi Muhammad meninggal. Aisyah sendiri mendinggal pada tanggal 17 Ramadan 58 Hijriah atau 13 Juli 678. Ia meninggal ketika melakukan salat witir.

  1. Perang Badar (17 Ramadan)

Perang Badar adalah perang pertama yang terjadi antara umat Islam dengan kaum kafir Quraisy. Peperangan ini termasuk dalam perang paling besar dan penting sepanjang sejarah perkembangan Islam. Disebut Perang Badar karena terjadi di Badar, Madinah. Saat itu perang dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW pada 17 Ramadan 2 Hijriah, atau  sekitar 13 Maret 624 Masehi.

  1. Nuzulul Quran (17 Ramadan)

Tercatat di tanggal 17 Ramadan 610 Masehi ada peristiwa penting lain selain Perang Badar yakni Nuzulul Quran, turunya ayat Alquran untuk yang pertama kali. Ayat tersebut diturunkan melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW saat menyendiri di Gua Hira, sebuah gua yang ada di utara Makkah. Ayat yang dibawa adalah Surat Al-Alaq ayat 1-5.

  1. Lailatul Qadar (10 Hari Terakhir Ramadan)

Lailatul Qadar adalah peristiwa berupa turunnya Alquran dari Allah SWT secara menyeluruh dari al-lauh al-Mahfuzh ke langit kedua, sebelum dibawa oleh Jibril kepada Rasullullah SAW. Tidak dikatakan secara gamlang kapan peristiwa ini terjadi. Namun beberapa pendapat menyatakan bahwa Lailatul Qadar terjadi pada hari ganjil di sepuluh hari terakhir Ramadan.

Itulah beberapa peristiwa penting di bulan Ramadan. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.