Mengenal Malam Nuzulul Quran yang Keistimewaannya Lebih Besar dari Seribu Bulan
Mengenal Malam Nuzulul Quran (Gambar Rawpixel-Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Seperti yang kita tahu, bulan Ramadan merupakan sebuah bulan yang amat istimewa bagi umat Islam. Salah satu keistimewaannya yaitu karena adanya peristiwa bersejarah yang dikenal dengan sebutan Nuzulul Quran. Ingin mengenal malam nuzulul quran lebih detail? Yuk simak sampai selesai!

Pasalnya, malam Nuzulul Quran adalah peristiwa dimana kita suci Al-Quran, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril di Gua Hira. Menurut penafsiran dari Al-Quran, peristiwa ini terjadi pada 17 Ramadhan 610 M.

Pada Ramadhan tahun ini, malam Nuzulul Quran jatuh pada, 28 Maret 2024. Berikut ini merupakan sejarah peristiwa Nuzulul Quran beserta metode memperingatinya

Mengenal Malam Nuzulul Quran

Peristiwa Nuzulul Quran ialah peristiwa dimana kitab suci Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW selaku wahyu pertama serta tanda dimulainya kenabian Rasulullah SAW. Menurut bahasa, Nuzulul Quran terdiri atas 2 kata, yakni Nuzulul serta Quran. Nuzulul berarti menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah serta Quran berasal dari kata Al-Quran, yakni kitab suci umat Muslim.

Oleh sebab itu, bisa disimpulkan kalau Nuzulul Quran ialah peristiwa turunnya Al-Quran dari tempat yang tinggi (Lauful Mahfuz) ke bumi. Turunnya Al- Quran ini diperantarai oleh Malaikat Jibril.

Hari itu, 17 Ramadhan 610 M, Nabi Muhammad SAW yang berumur 40 tahun tengah menyendiri di Gua Hira. Seketika wujud asing serta besar menghampirinya. Wujud tersebut merupakan Malaikat Jibril.

Badan Rasulullah SAW bergetar sebab kaget serta ketakutan dengan kedatangan Malaikat Jibril. Malaikat Jibril juga memeluk Rasulullah yang gemetar setelah itu mengucapkan kata "Iqra’" sebanyak 3 kali. Kata "iqra" ini mempunyai arti "bacalah".

Rasulullah yang ketakutan juga menanggapi "Aku belum mengenal bacaan,". Setelah itu, Malaikat Jibril juga melanjutkan perkataannya dengan ayat Al-Alaq 1-5 yang berbunyi:

Artinya: "Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya."

Pesan Al-Alaq ini juga jadi wahyu pertama sekaligus pesan pertama di dalam Al-Quran yang di informasikan kepada Rasulullah SAW. Al-Quran setelah itu diturunkan ke bumi secara bertahap sepanjang 22 tahun, 2 bulan, serta 22 hari serta jadi pedoman hidup umat Muslim sampai saat ini.

Keistimewaan Nuzulul Quran

1. Malam Penuh Keberkahan

Malam diturunkannya Al-Quran ke bumi, ialah pada tanggal 17 Ramadhan diucap selaku malam yang penuh dengan berkah. Perihal ini bersumber pada firman Allah SWT di dalam Al-Quran Surat Ad-Dukhan ayat 3 yang berbunyi:

Maksudnya: "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan,"

2. Lebih Baik dari Malam 1000 Bulan

Malam Nuzulul Quran diucap lebih baik daripada malam-malam selama seribu bulan. Artinya, mengerjakan amalan ataupun beribadah di malam Nuzulul Quran nilainya lebih baik daripada ibadah sepanjang seribu malam. Perihal ini disebutkan di dalam Al-Quran lewat Surat Qadr ayat 3 yang berbunyi:

Artinya: "Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan,"

3. Turunnya Malaikat Ke-Bumi

Malam Nuzulul Quran diucap selaku malam yang istimewa salah satunya sebab para malaikat turun ke bumi, termasuk Malaikat Jibril. Hal ini bersumber pada firman Allah dalam Surat Al- Qadr ayat 4 yang berbunyi:

Artinya: "Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh( Jibril) dengan izin Tuhannya buat mengatur semua urusan,"

4. Diampuni Dosa-dosa Kita

Untuk mereka yang menghidupkan malam Nuzulul Quran bakal diampuni dosa-dosanya Allah SWT. Maksud dari menghidupkan yaitu melaksanakan ibadah maupun amalan-amalan dengan mengharap ampunan-Nya seperti yang diriwayatkan Bukhari.

Artinya: "Barangsiapa melakukan salat pada malam Lailatul Qadar karena iman serta mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang sudah lalu bakal diampuni,"(HR Bukhari).

5. Takdir Tahunan Dicatat

Keistimewaan malam Nuzulul Quran yang lain yaitu dicatatnya takdir tahunan kita. Takdir yang diartikan meliputi rezeki, untung, mati, serta lain sebagainya. Dengan perbanyak amalan serta ibadah di malam Nuzulul Quran, diharapkan mendapatkan takdir tahunan yang penuh keberkahan. Firman Allah SWT dalam Surat Ad Dukhan ayat 4 yang berbunyi,

Artinya: "Pada (malam itu) dijelaskan seluruh urusan yang penuh hikmah,"

Seperti itu asal-usul malam Nuzulul Quran, peristiwa dimana Al-Quran pertama kali diturunkan ke bumi beserta keistimewaannya. Mudah- mudahan ibadah kita dilancarkan ya,

Selain itu kalian juga perlu membaca: “Amalan dan Bacaan Doa saat Menjumpai Lailatul Qadar”, siapa tahu atas izin Allah Kita Semua bakal menemuinya di tahun ini, Amiin.

Jadi setelah mengetahui mengenal malam Nuzulul Quran, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!