Panen Pahala! Begini Cara Mudah agar Khatam Alquran dalam Sebulan
Ilustrasi (Michael Burrows/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling tepat bagi umat Islam dalam berlomba-lomba mengumpulkan pahala. Pasalnya, di bulan penuh berkah ini setiap kebajikan yang diperbuat akan dilipat gandakan nilainya oleh Sang Pencipta. 

Salah satu amalan pembawa berkah yang bisa dilakukan yaitu dengan membaca kitab suci Alquran sepanjang bulan Ramadhan. Nah, alangkah lebih baik lagi jika Anda sanggup khatam atau menuntaskan membaca Alquran dalam satu bulan penuh Ramadhan. 

Jika Anda ingin tahu apa saja kiat mudah mengkhatam Alquran selama sebulan, berikut ini VOI bagikan informasinya.

Cara agar mudah khatam Alquran yang pertama adalah niat. Niat yang bulat merupakan kekuatan untuk mendorong diri sendiri untuk menuntaskan Alquran. Jika diri sudah dibekali dengan niat, maka sekuat apapun godaan untuk menggagalkan rencana Anda pasti dapat diatasi dengan baik. 

Cara mudah khatam Alquran selanjutnya yaitu dengan menjadikan bacaan Alquran sebagai sebuah kebutuhan untuk meningkatkan kualitas diri, bukan hanya menjadikannya bacaan biasa. Selain mendapat pahala, ada banyak keutamaan yang bisa didapat seseorang jika rutin membaca kitab suci. 

Misalnya saja, untuk menyembuhkan penyakit, menambah keimanan, serta memperbanyak ilmu agama. Ingat, Alquran merupakan pedoman hidup umat Islam. Oleh karenanya, jika rajin membaca Alquran dan memaknai ayat yang dibaca mudah-mudahan dapat menjauhkan Anda dari ketersesatan hidup.

Rutin membaca Alquran setiap selesai sholat pun jadi kunci agar Anda bisa segera khatam selama bulan Ramadhan. Alquran terdiri dari 30 juz. Anda bisa membaca 1 juz perhari selama 30 hari. Berhubung 1 juz biasanya terdiri dari 20 halaman, maka Anda bisa membaca 4 halaman sekaligus tiap selesai shalat wajib.

Jika sulit, Anda bisa membaginya dengan membaca 2 halaman sebelum melaksanakan shalat wajib dan 2 halaman lagi setelahnya. Teknik lain dapat Anda lakukan dengan membaca 5 halaman pada pagi hari, 5 halaman pada siang hari, 5 halaman pada sore hari, dan 5 halaman lagi pada malam hari. 

Mau yang lebih cepat? Anda bisa coba membaca 10 halaman di pagi hari dan 10 halaman di malam hari. Ingat, tak ada yang terasa berat jika hal baik dilakukan dengan niat serta tulus ikhlas untuk mendapatkan ridho Yang Maha Kuasa.