Review Film <i>24 Jam Bersama Gaspar</i>: Dunia Distopia yang Penuh Misteri
Reza Rahadian (Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Sekian lama ditunggu, film 24 Jam Bersama Gaspar akhirnya bisa disaksikan oleh publik. Film arahan Yosep Anggi Noen merupakan adaptasi novel berjudul sama karya Sabda Armandio.

Tayang perdana di Festival Film Busan pada 2023 lalu, kini film 24 Jam Bersama Gaspar akan tayang secara global melalui Netflix.

24 Jam Bersama Gaspar mengisahkan Jakarta dalam era distopian, Gaspar (Reza Rahadian) seorang detektif mencari sesuatu di toko milik Wan Ali (Iswadi Pratama). Sebuah kotak hitam itu katanya bisa mewujudkan keinginan yang membukanya.

Misi yang terdengar mudah itu penuh kesulitan dalam eksekusinya. Gaspar juga mengetahui hidupnya tidak akan lama lagi, ia akan mati dalam 24 jam.

Situasi itu membuat Gaspar mengumpulkan beberapa orang untuk merampok toko Wan Ali. Mereka adalah Agnes (Shenina Cinnamon), Ibu Tati (Dewi Irawan), Kik (Laura Basuki), Njet (Kristo Immanuel), dan Yadi (Sal Priadi).

Hal pertama yang mencuri perhatian adalah sinematografi yang meyakinkan bahwa dunia distopia itu terasa. Langkah demi langkah Gaspar dalam menjalani keseharian, memandang kehidupan masyarakat kelas bawah yang tidak jauh dari kisruh.

Tata musiknya yang megah juga mendukung potret dunia baru yang akan menjadi latar ceritanya. Sayangnya, ini tidak beriringan dengan bagaimana cerita bergulir.

Misi awal yang berfokus dengan satu tokoh mulai dipadukan dengan konflik Gaspar yang mencari teman kecilnya. Banyak petunjuk yang ditaruh namun penyelesaiannya tertatih.

Shenina Cinnamon - Reza Rahadian (Netflix)

Kemudian, para karakter yang bervariasi ini tidak menampilkan penokohan yang membuat penonton bisa mengenal mereka. Apa mungkin mereka ingin ditempatkan sebagai side kick Gaspar? Tidak masalah, tapi sayangnya kehadiran mereka tidak memorable selain Agnes yang paling sering mendampingi Gaspar.

Meski begitu, akting para karakter ini tetap bisa dinikmati. Reza Rahadian terutama. Perubahan yang ia jalani dalam menangguhkan sisa hidupnya terasa penuh sendu bahkan hingga menit terakhir. Chemistrynya dengan Shenina juga menarik dipandang.

Film 24 Jam Bersama Gaspar akan rilis di Netflix pada hari ini, Kamis, 14 Maret.