Manfaat Kristal Malachite untuk Skincare yang Mengurangi Stres pada Kulit
Ilustrasi manfaat kristal malachite untuk skincare yang mengurangi stres pada kulit (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak komposisi skincare yang terbuat dari bahan alami berguna untuk menangkal radikal bebas. Menurut dokter kulit bersertifikat Azadeh Shirazi, MD., kristal malachite salah satu komposisi skincare yang bermanfaat mengurangi stres pada kulit. Secara historis, salah satu jenis kristal ini telah digunakan selama berabad lamanya untuk menyerap energi negatif dari tubuh dan menyembuhkan penyakit. Untuk manfaat kristal malachite bagi kulit, begini penjelasannya.

Kata malachite berasal dari Yunani, yang berarti rumput karena warnanya hijau dan lunak. Termasuk sebagai perunggu yang telah diigunakan perhiasan orang Mesir kuno pada 4.000 sebelum masehi. Batu ini diimpor dari tambang tembaga di Laut Merah. Selain buat perhiasan, malachite juga digiling sampai seperti debu halus dan dipakai untuk kohl, atau riasan kelopak mata. Karena komposisinya, malachite sangat rapuh, sensitif terhadap panas, asam, ammonia, dan air panas.

manfaat kristal malachite untuk skincare yang mengurangi stres pada kulit
Ilustrasi manfaat kristal malachite untuk skincare yang mengurangi stres pada kulit (Freepik)

Menurut dokter Shirazi, malachite dikenal sebagai “batu transformasi”, perunggu mineral yang terdiri dari tembaga karbonat hidroksida. Ekstrak dari malachite yang kaya mineral tembaga ini, digunakan dalam produk kulit dan kecantikan karena sifat antioksidannya. Ekstrak ini membantu kurangi stres oksidatif pada kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat utama kristal malachite adalah mengurangi stres oksidatif pada kulit. Selain itu juga melindungi dan memperbaiki kulit rusak akibat stres lingkungan serta menenangkan peradangan. Umumnya, sebagian besar jenis kulit aman menggunakan malachite sebagai salah satu bahan skincare. Bahkan jika memakai skincare lain yang mengandung asam hialuronat, malachite bisa bekerja dengan baik dan tidak mengganggu. Tetapi tak boleh dipakai berurutan atau bersamaan dengan vitamin C karena dapat mengiritasi kulit.

Saat ini, banyak serum, toner, dan krim mengandung malachite. Jenis skincare tersebut berfungsi sebagai antioksidan, melindungi dari kerusakan, dan mengurangi stres oksidatif catat dokter kulit bersertifikat Marisa Garshick, MD.

Selain dua manfaat di atas, malachite juga meningkatkan sintesis kolagen karena komposisi tembaga yang tinggi sehingga meningkatkan sintesis kolagen dan keratin. Ditambah lagi, malachite bermanfaat meningkatkan hidrasi kulit. Meskipun banyak manfaatnya, Anda yang bertipe kulit sensitif harus selektif. Anda harus berhati-hati dalam memasukkan bahan baru dalam rutinitas skincare. Sebelum memasukkan skincare baru, saran Garshick, lakukan uji tempel sebelum diaplikasikan pada kulit wajah secara menyeluruh.