Beda Sedot Lemak dan Pembekuan Lemak yang Sering Disangka Sama
Beda Sedot Lemak dan Pembekuan Lemak (Gambar JESHOOTS.COM - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Terdapat banyak pilihan tata cara penurunan berat badan instan. Contohnya tindakan sedot lemak serta pembekuan lemak alias cryolipolysis buat memperoleh body sempurna. Memang apa sih beda sedot lemak dan pembekuan lemak?

Dokter spesialis kulit serta kelamin, dr. Edward, M. Biomed (AAM) menarangkan baik sedot lemak ataupun cryolipolysis merupakan metode mengurangi berat badan dengan metode menyingkirkan sel lemak dalam sekali sesi tindakan.

"Kedua metode penurunan berat badan praktis ini bersama dapat menunjukan hasil cepat setelah satu kali tindakan perawatan. Hanya saja, keduanya mempunyai hasil signifikan yang berbeda sesuai dengan risikonya," ujar dr. Edward, Rabu (21/2/2024).

Berikut ini perbedaan tindakan sedot lemak vs cryolipolysis (pembekuan lemak) buat penurunan berat badan instan yang dapat jadi bahan pertimbangan.

Beda Sedot Lemak dan Pembekuan Lemak

Metode sedot lemak

Liposuction ataupun sedot lemak ialah tata cara penurunan berat badan instan invasif ataupun memerlukan tindakan pembedahan, sehingga pasien wajib menjalani proses anastesi ataupun pembiusan.

"Risiko sedot lemak sebenarnya paling bagus itu kita mesti konsultasi dulu dengan dokter bedah plastik. konsultasi dokter bakal menilai, oh penderita ini dari hasil pemeriksan fisik serta hasil pemeriksaan darah apakah layak dilakukan liposuction," jelas dokter yang pula pemilik Flawless Klinik, Medan itu.

Tokoh yang terlibat dalam tindakan sedot lemak biasanya meliputi operator serta dokter anestesi, apalagi dokter bedah plastik sebelum menjalani tindakan. Proses tindakan sedot lemak pula tergantung pada seberapa besar area lemak yang wajib dihilangkan, sehingga biasanya bakal memakan waktu 1 sampai 2 jam.

Apalagi buat pemulihan sehabis sedot lemak, pasien pula tidak bisa langsung menjalani aktivitas seperti sedia kala, sebab perlu pemulihan 2 sampai 3 bulan. Termasuk tidak boleh sembarang jalani olahraga.

"Bisa berolahraga ringan bisa, tapi bagian di liposuction wajib di band gunakan stocking pakai pengaman supaya tidak kendor," kata dokter. Edward.

Ada pula buat lemak yang dikeluarkan saat tindakan liposuction, bakal secara otomatis dikeluarkan dari badan dalam wujud cairan yang dikeluarkan langsung lewat suntikan.

Metode pembekuan lemak (cryolipolysis)

Walaupun dapat memberikan hasil instan, tetapi tindakan cryolipolysis seperti memakai alat Cristal Pro Treatment ialah tindakan non invasif sehingga tidak memerlukan konsultasi medis secara mendalam, serta tidak perlu persiapan khusus semacam anestesi ataupun pembiusan.

Ini karena cryolipolysis buat body countouring ini ialah metode cryolipolysis pembekuan lemak hingga pada suhu tertentu, sehingga lemak bisa dikeluarkan dari badan dalam wujud keringat, urine ataupun diolah badan lewat metabolisme tubuh.

"Perawatan dengan cryolipolysis bisa melenyapkan lemak pada banyak bagian badan seperti perut, paha, lengan, apalagi pada area kecil seperti double chin," kata Marketing Manager PT Regenesis Indonesia, Fransiska S dalam keterangan yang sama.

Fransiska menarangkan perlengkapan cryopolisis asal Prancis seperti Cristal Pro sanggup membekukan lemak sampai suhu minus 12 derajat celcius, yang teruji dapat mematikan sel lemak, sehingga 15 sampai 25 persen lemak bakal lenyap secara permanen.

Perihal ini dibenarkan dokter. Edward yang menarangkan, perbedaan signifikan antara cryopolisis serta sedot lemak jumlah sel lemak diakui tidak sebesar liposuction, tetapi banyak pasien lebih mendambakan perawatan non invasif lantaran risikonya yang lebih rendah, sebab tidak butuh dibedah ataupun lewat proses pembiusan.

"Jadi persiapan cryopolisis, kita cuma memeriksa lemak di badan pasien dengan metode USG apakah di bagian kulit ataupun melekat ke organ, bila tidak menempel di organ setebal apapun lemaknya dapat kita eksekusi," papar dr. Edward.

Menariknya perlengkapan cryolipolysis telah terbilang canggih, sebab dapat melakukan tindakan di 4 zona berlemak di badan sekaligus, ditambah tanpa rasa sakit. Sehingga tindakan hanya perlu dilakukan selama 60 menit.

"Kemudian sehabis tindakan cryolipolysis, pasien tetap diperbolehkan olahraga tanpa harus khawatir kulit bekas sedot lemak bakal kendur," jelasnya.

Dokter yang telah memberikan layanan estetika cryopolisis selama 2 tahun ini pula mengingatkan, sebab hasil tindakan baru nampak maksimal sehabis 4 pekan, dr. Edward menyarankan buat tidak lupa melakukan pemijatan rutin di area tindakan 2 kali sehari supaya hasilnya lebih maksimal.

"Ini sebab metodenya pembekuan lemak, walaupun sel lemaknya mati, tetapi dengan pijatan ini membuat sel lemak yang mati menyebar dengan cepat serta diolah badan buat metabolisme," pungkas dr. Edward.

Ada baiknya kalian juga membaca “Mengenal Berbagai Jenis Lemak” agar bisa tahu pengaruh bagi kesehatan tubuh kita.

Jadi setelah mengetahui beda sedot lemak dan pembekuan lemak, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!