Apa Itu Treatment Fat Freezing? Metode Pelangsing Tubuh dengan Teknologi
Ilustrasi apa itu treatment fat freezing (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak orang rela melakukan berbagai cara untuk memiliki tubuh yang ideal. Selain diet dan aktif berolahraga, salah satu metode yang dapat dijalani adalah fat freezing. Namun belum banyak orang yang tahu apa itu treatment fat freezing?

Metode perawatan tubuh fat freezing kini semakin banyak diminati oleh orang Indonesia. Cukup banyak wanita yang memilih melakukan fat freezing treatment karena cukup efektif untuk melangsingkan tubuh. Metode ini dapat diterapkan pada beberapa bagian tubuh, seperti perut, lengan, dan paha.

Apa Itu Treatment Fat Freeze?

Fat freezing merupakan metode pembekuan lemak untuk mendapatkan tubuh yang lebih langsung atau ideal seperti keinginan. Treatment perawatan tubuh ini dilakukan menggunakan teknologi canggih untuk menghilangkan tumpukan lemak di tubuh. 

Metode fat freezing dilakukan dengan teknologi Cryolipolysis atau CoolSculpting. Fat freezing termasuk perawatan non-invasif atau tanpa pembedahan operasi atau proses injeksi. Itulah mengapa banyak orang tertarik menjalani metode ini karena dinilai sebagia cara aman untuk melangsingkan tubuh. 

Cara Kerja Fat Freezing

Fat freezing dijalankan menggunakan teknologi Cryolipolysis yang bersuhu dingin -9 derajat celcius. Slimming treatment ini memanfaatkan gelombang suara untuk membekukan lemak tubuh yang menumpuk di sel-sel kulit tanpa merusak jaringan kulit di sekitarnya. Cara kerja treatment ini yakni membuat sel-sel lemak menjadi beku dan mati karena suhu dingin ekstrem.

Proses fat freezing berlangsung cukup cepat kurang lebih 30-40 menit. Dalam durasi waktu tersebut, metode ini memberikan efek pengurangan sel lemak tubuh sebesar 20-30 persen. Nantinya sisa sel lemak tubuh yang sudah mati terkena proses pembekuan akan dikeluarkan bersama dengan proses metabolisme tubuh, yaitu lewat keringat, feses, dan urine. 

Hasil treatment fat freezing dapat dilihat oleh pasien setelah 3 bulan pasca-perawatan. Selain itu, metode slimming ini juga diklaim dapat membuat tubuh lebih langsung. Dianjurkan untuk melakukan fat freezing setiap 2-3 bulan sekali hingga 4 kali perawatan untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

Efek Samping Fat Freezing

Treatment fat freezing dinilai sebagai metode pelangsing tubuh yang cukup aman dan dapat memberikan hasil yang optimal. Namun di samping itu, tetap ada sejumlah efek samping yang mungkin bisa dialami oleh pasien fat freezing. 

Berikut ini beberapa risiko efek samping treatment fat freezing yang perlu diwaspadai:

  • Muncul ruam kemerahan di kulit
  • Tampak memar dan membengkak
  • Mati rasa
  • Kulit lebih sensitif
  • Kesemutan
  • Kulit menggelap

Sejumlah efek samping di atas bersifat ringan dan umumnya berlangsung hanya sementara. Efek samping hanya muncul di area yang mendapat treatment fat freezing dan akan mereda dengan sendirinya. Sementara itu, ada efek samping lain yang termasuk komplikasi serius yaitu hiperplasia adiposa paradoks (Paradoxical Adipose Hyperplasia/PAH), namun sangat jarang terjadi. 

Efek samping komplikasi tersebut cenderung terjadi pada pria yang ditandai dengan membesarnya sel lemak yang seharusnya mengecil. Sampai sekarang masih belum ada penjelasan mengenai penyebab efek samping tersebut.  Di samping itu, masih belum ada bukti efek samping lain dan risiko yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Kondisi yang Tidak Boleh Fat Freezing

Perlu diingat, ada beberapa kondisi di mana orang tidak boleh menjalani treatment fat freezing. Berikut sejumlah kondisi yang tidak diperbolehkan untuk melakukan pelangsingan tubuh dengan metode fat freezing:

  • Penderita protein cryoglobulin yang berlebihan dalam darah (cryoglobulinemia)
  • Penderita hemoglobinuria dingin paroksismal (paroxysmal cold hemoglobinuria)
  • Penderita penyakit aglutinin dingin (cold agglutinin disease)

Demikianlah ulasan mengenai apa itu treatment fat freezing sebagai metode perawatan untuk melangsingkan tubuh. Layanan fat freezing tersedia di klinik kecantikan di kota-kota besar di Indonesia. Biaya treatment fat freezing mulai dari Rp900.000 hingga Rp8.000.000 ke atas. Baca juga olahraga untuk menghilangkan lemak perut

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.