3 Kebutuhan Mendasar Tubuh yang Kerap Diabaikan, Cukupkan Supaya Tetap Sehat
Ilustrasi kebutuhan mendasar tubuh yang kerap diabaikan (Freepik/prostooleh)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tubuh ibarat rumah yang perlu dijaga supaya tetap sehat. Namun banyak orang luput memenuhi kebutuhan dasar tubuh terkait fisik. Meskipun ada kesehatan mental yang sama pentingnya dengan kesehatan fisik, penting bagi kita untuk mengeksplorasi dan memahami apa yang sudah dilakukan dalam menjaga tubuh dan berefek signifikan pada masa depan. Berikut, tiga kebutuhan mendasar tubuh yang menentukan kesehatan.

1. Tidur

Penelitian menunjukkan, tidur yang berkualitas membantu meningkatkan suasana hati dan energi, mengatur nafsu makan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Tidur juga mendukung ketahanan memori, fungsi kognitif, dan kemampuan mempelajari keterampilan baru serta pemecahan masalah.

kebutuhan mendasar tubuh yang kerap diabaikan untuk kesehatan
Ilustrasi kebutuhan mendasar tubuh yang kerap diabaikan (Freepik)

Saat mendapatkan tidur malam yang nyenyak, kita memberikan waktu yang dibutuhkan tubuh dan otak pulih, memperbaiki, dan memulihkan diri. Melansir Psychology Today, Rabu, 21 Februari, sejak tahun 1985, rata-rata jumlah orang tidur kurang dari 6 jam per hari meningkat sebesar 31 persen. Jumlah rata-rata tidur saat ini dilaporkan 6,8 jam, dibandingkan dengan sembilan hingga sepuluh jam pada 50 tahun yang lalu. Diperkirakan 45 persen populasi dunia mempunyai masalah dengan tidur. Berdasarkan data tersebut, penting bagi Anda untuk mengidentifikasi ulang dan memperbaiki rutinitas tidur setiap harinya.

2. Makan dengan baik

Budaya diet lahir sejak abad 19 dan mengajarkan bagaimana mendapatkan nutrisi dipraktikkan. Tetapi apakah Anda sudah melakukannya dengan baik, tidak merusak kebutuhan tubuh akan nutrisi? Menurut Robyne Hanley-Dafoe, Ed.D., kalau kita menjalani pola makan yang keliru, artinya kita gagal menjaga tubuh tetap sehat.

kebutuhan mendasar tubuh yang kerap diabaikan untuk kesehatan
Ilustrasi kebutuhan mendasar tubuh yang kerap diabaikan (Freepik)

Tubuh membutuhkan nutrisi sepanjang hari agar berfungsi. Pola makan intuitif, bisa jadi alternatif untuk menjagi pegangan menjaga hubungan sehat dengan makanan yang kita makan. Hal ini tidak hanya mendukung kesehatan fisik, tetapi juga kesejahteraan mental dan emosional.

Makanan adalah unsur penting dalam menjaga unsur biologis tubuh bekerja secara efektif. Makan juga bukan hadiah atau hukuman. Itu artinya, Anda harus mengonsumsi makanan cukup nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

3. Menggerakkan tubuh

Penelitian melaporkan, orang sering kali tidak berolahraga dengan alasan kurang motivasi, keterjangkauan, tidak ada minat, ataupun sedikit energi. Penting dicatat, memulai olahraga dari kekurangan seringnya melanggengkan keterbatasan. Menggerakkan tubuh ialah salah satu cara otak dan tubuh memahami stres. Tubuh juga dirancang untuk bergerak. Untuk rutin olahraga, Anda juga tidak harus jadi atlet profesional.

Olahraga teratur, bermanfaat banyak hal. Termasuk mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, infeksi virus, mengurangi depresi dan kecemasan, serta meningkatkan Tingkat energi, fungsi mental dan kognitif.

Ketiga kebutuhan di atas, paling mendasar namun paling sering diabaikan untuk kesehatan. Maka penting untuk tetap menjalani kebutuhan tubuh mendasar di atas sehingga Anda tetap merawat tubuh secara bijak dan sehat.