Perbedaan Body Oil dan Body Lotion untuk Pelembab Kulit
Perbedaan body oil dan body lotion (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Body oil dan body lotion digunakan untuk menghidrasi kulit supaya tidak mudah kering. Meski sama-sama pelembab kulit, namun terdapat perbedaan body oil dan body lotion. Sayangnya belum banyak yang tahu perbedaan dari kedua produk tersebut. 

Banyak orang menggunakan body oil dan body lotion tanpa tahu fungsi dan kandungannya. Padahal keduanya memiliki tekstur yang berbeda dan untuk pemakaian tertentu. Penggunaan body oil dan body lotion harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit. 

Perbedaan Body Oil dan Body Lotion

Baik body oil maupun body lotion memiliki kandungan yang bervariasi. Supaya pemakaian produk kelembaban kulit bisa memberikan hasil yang maksimal, maka harus diperhatikan mana yang lebih cocok dengan kulit Anda. 

Berikut ini penjelasan perbedaan body oil dan body lotion yang perlu Anda tahu sebelum memakainya:

Body Oil

Body oil berfungsi untuk mengembalikan kelembaban yang hilang pada kulit, seperti kondisi pengelupasan atau pasca-pembersihan. Kandungan yang terdapat pada body oil bisa langsung meresap ke kulit, seperti asupan nutrisi untuk tubuh. 

Body oil adalah produk skincare atau perawatan kulit yang berbahan dasar minyak alami, seperti zaitun, jojoba, buah-buahan, bunga matahari, dan almond. Terdapat berbagai jenis body oil yang dijual di pasaran dengan variasi tingkat kekentalan, mulai dari yang kadarnya ringan hingga lebih kental. 

Body Lotion

Body lotion berfungsi sebagai pelembab kulit untuk mengatasi berbagai masalah perawatan kulit. Lotion memiliki bahan dasar air dan tersedia dalam berbagai bentuk. Misalnya pemilik kulit yang rentan mengalami eksim akan beralih menggunakan lotion pereda gatal. Sementara pemilik kulit bertekstur mungkin akan memakai lotion penghalus. 

Body lotion lebih cepat terserap ke dalam kulit dan membantu menahan kelembaban kulit. Beberapa bahan body lotion yang cukup populer yaitu hyaluronic acid atau asam hialuronat yang mampu menjaga kesehatan pelindung kulit dan melembabkan. Body lotion biasanya mengandung minyak dan campuran bahan-bahan ramah air dengan minyak.

Manfaat Body Oil

Berikut ini beberapa manfaat body oil untuk perawatan kulit secara rutin:

Meningkatkan Fungsi Pelindung Kulit

Salah satu kegunaan penting body oil bagi kesehatan kulit adalah dapat meningkatkan fungsi pelindung kulit. Penelitian menyebutkan bahwa ketika body oil terserap ke dalam kulit, maka lapisan atas kulit akan mengikatnya dan memberikan kelembaban serta pemulihan kondisi kulit. 

Mengendalikan Produksi Sebum

Body oil dikenal dengan keunggulannya karena banyaknya kandungan minyak nabati, termasuk jojoba, alpukat, dan almond. Pemakaian body oil dapat membantu memperbaiki dan mengatur ulang pelindung kelembaban kulit Anda, sehingga mampu mengendalikan produksi minyak. 

Manfaat Body Lotion

Berikut ini beberapa manfaat body lotion sebagai produk perawatan kulit Anda:

Melembabkan Kulit agar Tidak Kering

Fungsi utama dari body lotion adalah untuk melembabkan kulit. Kandungan dari minyak dan air pada body lotion akan bekerja lebih baik dalam mengatasi kulit kering. Bahan air pada lotion dapat masuk lebih cepat ke dalam kulit dan meningkatkan kemampuan kulit untuk menjaga kelembabab. 

Memperpanjang Usia Tanning Kulit

Body lotion juga bermanfaat untuk memperpanjang usia tanning kulit. Dengan kulit yang terhidrasi, maka kulit tanned akan memiliki umur lebih panjang. Tanning adalah proses penggelapan kulit. 

Meningkatkan Perlindungan Kulit

Body lotion yang mengandung asam hialuronat dan ceramide sangat disarankan bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan kulit. Body lotion tersebut dapat meningkatkan kemampuan kulit dalam mempertahankan kelembaban dari waktu ke waktu. 

Demikianlah ulasan perbedaan body oil dan body lotion yang perlu diketahui untuk perawatan kulit. Body oil digunakan supaya kulit lebih terhidrasi, lembut, dan tampak sehat berkilau. Sementara body lotion berfungsi untuk mencegah kulit kering dan gatal. Baca juga rekomendasi serum yang mengandung retinol.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.