5 Cara Mencegah Koper Hilang di Bandara
Ilustrasi koper (Foto: Pixabay/SpencerWing)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebelum bepergian jauh dengan pesawat terbang, Anda perlu mengetahui cara mencegah koper hilang di Bandara. Pasalnya, kejadian tersebut kerap dialami pemakai jasa transportasi pesawat terbang.

Anda tentu tidak ingin mengalaminya bukan? Sebab kehilangan koper di bandara dapat menjadi pengalaman buruk bagi pelaku perjalan, terlebih bila di dalam koper tersebut berisi barang-barang penting.

Lantas, bagaimana cara mencegah koper hilang di bandara? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mencegah Koper Hilang di Bandara

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 21 Januari 2024, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kehilangan koper di Bandara:

1. Beri ciri khas pada koper

Untuk mencegah kehilangan koper di bandara, Anda dapat memberikan ciri khas pada koper sebelum dimasukkan ke dalam bagasi. Anda dapat menghiasi koper dengan stiker atau tali supaya tidak mudah tertukar dengan orang lain. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan luggage tag bertuliskan nama Anda dengan spidol berwarna terang.

Cara mencegah kehilangan koper di bandara yang satu ini sangat efektif untuk mengurangi kemungkinan koper terbawa oleh orang lain secara sengaja.

2. Jangan datang terlalu mepet dengan jam keberangkatan pesawat

Perlu Anda ketahui, salah satu penyebab koper hilang di Bandara adalah waktu kedatangan terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan.

Oleh sebab itu, usahakan untuk datang lebih awal, setidaknya 90 menit sebelum jam keberangkatan pesawat supaya Anda memiliki waktu yang lebih banyak untuk pendataan koper.

3. Gunakan koper genggam

Bila Anda bepergian pada saat musim liburan, biasanya bandara akan mengalami lonjakan penumpang. Dalam hal ini, ada bandara yang mengalami kekurangan staf sehingga menyebabkan beberapa masalah, seperti koper hilang.

Bila hal ini terjadi, Anda disarankan untuk membawa koper genggam. Tips ini bisa membuat Anda terhindar dari kejadian kehilangan koper, sebab koper genggam yang Anda bawa bisa ikut dibawa ke dalam kabin pesawat.

Selain itu, Anda juga tidak perlu menimbang koper, sehingga bisa memangkas waktu check-in ketika tiba di bandara tujuan.

4. Jangan biarkan label bagasi pesawat tetap menempel di koper setelah perjalanan

Koper yang masuk ke dalam bagasi pesawat pasti ditempeli label kemana tujuan koper itu akan terbang. Sayangnya, label tersebut seringkali dibiarkan menempel di koper setelah selesai melakukan perjalanan. Padahal, kebiasaan ini membuat petugas bandara bingung karena tidak bisa membedakan antara label bagasi yang baru dan lama.

Hal ini mungkin terkesan sepele, namun dengan mencopot label bagasi yang lama Anda bisa terhindar dari kejadian kehilangan koper.

5. Bawa barang secukupnya

Berat berlebih pada koper bisa menjadi penyebab koper hilang di Bandara. Koper yang terlalu berat seringkali tidak diikutsertakan dalam penerbangan.

Oleh sebab itu, jangan terlalu memasukkan banyak barang ke dalam koper saat akan berpergian dengan pesawat terbang. Hal ini supaya beban koper Anda tidak terlalu berat.

Demikian informasi tentang cara mencegah koper hilang di Bandara. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.